Indo Barometer Laporkan Calon Bupati Morotai ke Polisi

Indo Barometer Laporkan Calon Bupati Morotai ke Polisi
Gedung Bareskrim Polri.

jpnn.com - JPNN.com - Lembaga Survei Indo Barometer melaporkan Calon Bupati Morotai Ali Sangaji ke Kepolisian Morotai Selatan, Pulau Morotai atas dugaan pencemaran nama baik.

Peneliti Indo Barometer Avicenna Isnaini mengatakan Ali Sangaji telah mengklaim sebagai calon yang mendapatkan dukungan publik paling besar dibandingkan dengan calon lainnya dengan mengutip data survei Indo Barometer. Hal itu dilakukannya saat kampanye di Desa Daruba Pante, Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Senin (19/12).

“Padahal kami (Indo Barometer) tidak memiliki data survei Pilkada Morotai sebagaimana yang disampaikan Ali Sangaji dalam kampanyenya itu,” kata Avicenna di Jakarta seperti rilis diterima, Senin (26/12).

Avicenna mengaku baru tahu adanya pencatutan nama lembaga Indo Barometer berdasarkan informasi yang diberikan masyarakat setempat kepada Indo Barometer yang ingin mengonfirmasi kebenarannya.

Dalam informasi yang dilengkapi dengan video, disampaikan bahwa Ali Sangaji mengaku mendapatkan dukungan masyarakat paling tinggi mengungguli dua kandidat lainnya.

Atas peristiwa tersebut Avicenna menegaskan bahwa apa yang dilakukan Ali Sangaji, pertama, sebagai bentuk fitnah, karena pihak Indo Barometer tidak pernah memberikan data survei Pilkada Morotai kepada yang bersangkutan. Kedua, Ali Sangaji telah melakukan pemalsuan data karena Indo Barometer sendiri tidak memiliki data survei sebagaimana yang disampaikannya kepada publik saat kampanye .

Ketiga, apa yang dilakukan Ali Sangaji adalah bentuk kebohongan publik karena ia telah sengaja menyampaikan data yang tidak benar kepada masyarakat saat kampanye pilkada.

Oleh sebab itu, Avicenna berharap agar pihak kepolisian setempat bergerak cepat untuk menindaklanjuti laporan Indo Barometer dengan Nomor: STPL/36/XII/2016/POLSEK. Laporan tersebut dianggap penting sebagai pembelajaran bagi semua calon supaya berhati-hati dalam menyampaikan orasi politik di depan massa.

JPNN.com - Lembaga Survei Indo Barometer melaporkan Calon Bupati Morotai Ali Sangaji ke Kepolisian Morotai Selatan, Pulau Morotai atas dugaan pencemaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News