Indonesia Gelar Pertandingan 'Footy' Untuk Peringati Anzac Day

Indonesia Gelar Pertandingan 'Footy' Untuk Peringati Anzac Day
Indonesia Gelar Pertandingan 'Footy' Untuk Peringati Anzac Day

Hari Anzac memperingati mendaratnya pasukan Australia dan Selandia Baru di Gallipoli, Turki, tepat 100 tahun lalu. Di Australia, juga di negara-negara lainnya, warga Australia pun merayakan Hari Anzac dengan menonton pertandingan footy, permainan sepak bola dengan gaya Australia tersebut.

Tujuh klub footy yang berada di sejumlah negara di benua Asia akan bertanding pada Hari Anzac, Sabtu (25/04). Pertandingan sepakbolah gaya Australia ini biasanya dilakukan setelah upacara peringatan Anzac yang digelar pada waktu Subuh.

Pertandingan di Indonesia akan digelar di Balikpapan. Tim tuan rumah, Borneo Bears akan bertanding melawan klub footy asal Jakarta, Garuda.

Para pemain kedua klub ini pernah mewakili Indonesia pertama kalinya dalam Piala International AFL yang digelar di Melbourne, tahun 2014.

"Persiapan sudah dilakukan dalam sebulan terakhir, latihan fisik dan skill [kemampuan], karena banyak pemain baru yang bergabung bersama kita," ujar Timboel Kukuh, salah satu pemain Borneo Bears.

Timbul mengatakan latihan keras dilakukan, terutama mematangkan kemampuan dalam trik-trik permainan sepakbola gaya Australia.

Tidak banyak warga Indonesia yang paham soal aturan dan cara permainan footy ini. Tetapi menurut Timbul, para pemain di tim Borneo Bears kini sudah lebih banyak warga lokal, ketimbang para pekerja Australia yang berada di Balikpapan, sesuatu yang membanggakan.

"Borneo Bears pernah menjuarai Anzac Cup pada tahun 2014, karenanya kita perlu meningkatkan standar permainan agar bisa mempertahankan gelar juara," tambahnya.

Hari Anzac memperingati mendaratnya pasukan Australia dan Selandia Baru di Gallipoli, Turki, tepat 100 tahun lalu. Di Australia, juga di negara-negara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News