Indonesia Jajaki Kerja Sama Antarparlemen dengan Suriname

Indonesia Jajaki Kerja Sama Antarparlemen dengan Suriname
Delegasi Muhibah Parlemen Indonesia yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Utut Adianto melakukan kunjungan diplomasi ke Parlemen Suriname. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Delegasi Muhibah Parlemen Indonesia yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Utut Adianto terbang menuju Paramaribo, Suriname, dari Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, Sabtu (17/8).

Setelah menempuh perjalanan yang cukup melelahkan dan transit di Kuala Lumpur serta Amsterdam, rombongan tiba di Paramaribo, Minggu (18/8) pukul 15:00 waktu setempat.

Rombongan tiba di Bandar Udara Internasional Johan Adolf Pengel, juga dikenal sebagai Bandar Udara Internasional Paramaribo-Zanderij dan disambut hangat oleh Duta Besar Indonesia untuk Suriname Julang Pujianto beserta jajarannya.

Senin (19/8), Tim Delegasi DPR yang berjumlah 9 orang terdiri dari Wakil Ketua DPR Utut Adianto, Wiryanti Sukamdani, Arteria Dahlan, Andreas Hugo Pareira, Risa Mariska, Vanda Sarundajang, Ferdiansyah, Reni Marlinawati, dan Nurdin Tampubolon memulai serangkaian kegiatannya.

Diawali dengan melakukan kunjungan diplomasi ke Parlemen Suriname dan diterima oleh Ketua Parlemen Republik Suriname Madam Jennifer Geerlings-Simons, Vice Chair MMelvin Bauva dan Member Comittee International Relations Watamaleo.

Dalam pertemuan, Delegasi Parlemen Indonesia dan Parlemen Suriname memanfaatkan waktu tersebut guna penguatan hubungan bilateral melalui penjajakan kerja sama bilateral antar kedua negara.

Di antaranya, bertukar informasi mengenai kebijakan legislasi, anggaran dan pengawasan, wacana penjajakan Group Kerja Sama Bilateral Antarparlemen (GKSB), serta terkait revitalisasi keterkaitan sejarah dan budaya antara Indonesia dan Suriname.

Dalam wawancaranya kepada Parlementaria, Wakil Ketua DPR Utut Adianto mengatakan, dalam pertemuan tersebut Jennifer Geerlings-Simons selaku pimpinan parlemen bersepakat dengan Parlemen Indonesia membuat GKSB.

Delegasi Muhibah Parlemen Indonesia yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Utut Adianto terbang menuju Paramaribo, Suriname, dari Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, Sabtu (17/8).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News