Indonesia Mudah Naturalisasi Pemain Bola, Tapi Prestasi Masih Nol

Indonesia Mudah Naturalisasi Pemain Bola, Tapi Prestasi Masih Nol
Sesmenpora Gatot S Dewa Broto (tengah) bersama Otavio Dutra (tiga dari kiri) . Foto: capture screen twitter Gatot S Dewa Broto

jpnn.com, JAKARTA - Proses naturalisasi pemain asing menjadi WNI kembali marak. Setelah persiapan menuju Asian Games 2018 lalu dilakukan naturalisasi Ezra Walian, Ilija Spasojevic, sampai Beto Goncalves, kini rombongan naturalisasi muncul lagi.

Mereka adalah Otavio Dutra, Silvio Escobar, Fabiano Beltrame, sampai pemain asal Korsel, Yoo Jae Hoon. Dutra sendiri saat ini sudah dipanggil untuk ikut TC Timnas Indonesia senior.

Maraknya impor pemain ini cukup miris, mengingat era naturalisasi pemain adalah era kegelapan prestasi Timnas.

Jangankan mendapatkan gelar juara, pemain-pemain WNA yang diberi paspor WNI ini juga tak bisa menjadi contoh dan sikap baik pemain sebagai role model.

Masih ingat dengan Diego Michiels yang terlibat kasus hukum? Greg Nwokolo dan mungkin pemain lain yang sempat tersandung masalah hukum karena attitude-nya?

Karena itu, seharusnya pemerintah tidak dengan mudah memberikan naturalisasi. Saat dikonfirmasi, Sesmenpora Gatot S Dewa Broto menyebutkan bahwa memang ada beberapa pemain yang dinaturalisasi.

Saat disinggung kedatangan Simon McMenemy dan Otavio Dutra ke Kemenpora, dia memastikan Simon tak akan dinaturalisasi.

"Kalau Simon Nggak lah (dinaturalisasi)," ucap Gatot Singkat.

Maraknya impor pemain ini cukup miris mengingat era naturalisasi pemain adalah era kegelapan prestasi Timnas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News