Indonesia Potensial Jadi Penghubung Jaringan Telekomunikasi Seluruh Dunia

Indonesia Potensial Jadi Penghubung Jaringan Telekomunikasi Seluruh Dunia
Menkominfo Johnny G. Plate menyatakan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Indonesia yang berada di ZEE berpotensi menjadi penghubung jaringan telekomunikasi dari seluruh dunia. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan panjang kabel serat optik nasional, Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) yang berada di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) berpotensi menjadi penghubung jaringan telekomunikasi dari seluruh dunia.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) membeberkan saat ini Indonesia memiliki jaringan nasional kabel serat optik sepanjang 360 ribu kilometer melintas daratan dan lautan.

SKKL Indonesia saat ini sepanjang 115 ribu kilometer, termasuk yang berada di ZEE sepanjang 55 ribu kilometer.

“Indonesia mau menjadi titik penghubung timur, barat, utara, selatan dalam jaringan fiber optik. Kita juga tahu Indonesia mau dihubungkan dengan Pantai Barat Amerika dan Timur melalui Indonesia. Jarak antara Pantai Barat Amerika dan titik sambung di Indonesia tidak begitu jauh untuk fiber optik hanya belasan ribu kilometer saja,” ungkap Johnny dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu (5/2).

Menurutnya, jaringan fiber optik Indonesia harus mendapatkan perhatian bersama, apalagi pengembangan potensi menjadi penghubung jaringan global.

Johnny menilai semua stakeholder perlu berkolaborasi, termasuk penyelenggara operator seluler agar trafik dan utilisasi backbone fiber optik Indonesia dapat berfungsi dengan baik.

“Demikian pula dari selatan ke utara, kalau kita lihat peta-nya baik yang terhubungkan lewat jalur lautan Hindia dihubungkan ke Singapura, atau melalui Guam (wilayah di bagian Barat Samudera Pasifik) dihubungkan ke Tokyo ataukah melalui Indonesia,” jelasnya.

Menkominfo berharap setiap pemangku kepentingan terus meningkatkan kolaborasi dan berpikir bersama sebagai entitas nasional, sebagai perusahaannya di Indonesia yang tidak menutup diri terhadap mitra kerja asing.

Kemenkominfo menyatakan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Indonesia yang berada di ZEE berpotensi menjadi penghubung jaringan telekomunikasi dari seluruh dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News