Indonesia Surga BBN

Indonesia Surga BBN
Indonesia Surga BBN
JAKARTA – Indonesia memang sangat luar biasa. Selain secara geografis sangat strategis, Indonesia juga dikaruniai kekayaan alam yang luar biasa, salah satunya Bahan Bakar Nabati (BBN). Indonesia adalah satu-satunya negara yang sangat kaya akan potensi BBN, bahkan bisa disebut sebagai surganya BBN. Sayangnya, bangsa ini belum bisa memanfaatkan kekayaan BBN itu untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

jpnn.com - Demikian dikatakan Lisminto, salah seorang petinggi PT Ganesha Energy yang bergerak di bidang BBN saat menjadi pembicara pada seminar bertajuk “Solusi Praktis Menjawab Kenaikan Harga BBM,” di Wisma Bakrie, Jakarta, Kamis (28/8). 'Tuhan seakan sudah punya rencana menjadikan Indonesia sebagai pemimpin dunia dalam soal BBN,” tegas Lis.

Indonesia, ungkapnya, tidak saja kaya akan potensi biodiesel, tapi juga bioethanol. Satu-satunya negara di dunia yang juga punya potensi besar di bidang BBN hanyalah Brazil, tapi Brazil hanya kaya akan bioethanol. “Tapi Brazil berhasil memanfaatkan bioethanol mencapai 30 persen. Brazil punya tanaman tebu 12 juta hektar yang melibatkan lebih dari 30 juta orang, sehingga kini Brazil menjadi eksportir bioethanol terbesar di dunia. Brazil juga sudah menguasai teknologi otomotif dengan 100 persen BBN teknis,” jelasnya.

Memang belum banyak pihak yang punya keberanian terjun di bidang BBN, tapi PT Ganesha Energy, katanya, sudah melakukannnya dan secara perlahan yakin akan berhasil dan memberikan manfaat kepada masyarakat banyak.(eyd)



JAKARTA – Indonesia memang sangat luar biasa. Selain secara geografis sangat strategis, Indonesia juga dikaruniai kekayaan alam yang luar biasa,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News