Indonesia Susul Tiongkok dan India

Indonesia Susul Tiongkok dan India
Indonesia Susul Tiongkok dan India

jpnn.com - JAKARTA - Optimisme ekonomi Indonesia saat ini bisa jadi tengah meredup seiring tekanan defisit transaksi berjalan dan depresiasi rupiah. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga tahun depan. Namun, untuk jangka panjang, optimisme pada perekonomian Indonesia masih membuncah. Ini tecermin dalam riset terbaru Standard Chartered Bank.

 

Managing Director sekaligus Ekonom Senior Standard Chartered Indonesia Fauzi Ichsan mengatakan, dalam dua dekade ke depan, Indonesia akan menyusul Tiongkok dan India untuk merangsek dalam jajaran raksasa ekonomi dunia. '

"Tiongkok, India, dan Indonesia adalah tiga macan Asia yang akan menjadi mesin pertumbuhan ekonomi global di abad ke-21," ujarnya dalam laporan riset yang dikutip kemarin (15/12).

Menurut Fauzi, sepanjang periode 2001-2010, ekonomi atau produk domestik bruto (PDB) Indonesia rata-rata tumbuh 5,2 persen. Dengan potensi yang dimiliki, skenario optimistis menempatkan Indonesia pada laju pertumbuhan ekonomi rata-rata 7,0 persen per tahun sepanjang 20 tahun ke depan.

"Jika itu bisa dicapai, maka Indonesia akan masuk jajaran 10 besar ekonomi dunia pada 2020 dan naik lagi ke posisi 6 besar dunia pada 2030," katanya.

Sebagai gambaran, berdasar data Bank Dunia, Indonesia yang pada 2012 lalu memiliki produk domestik bruto (PDB) USD 878,19 miliar, berada pada ranking 16 negara dengan ekonomi terbesar dunia. Posisi pertama masih dipegang Amerika Serikat dengan PDB senilai USD 15,68 triliun, disusul Tiongkok di posisi ke-2 dengan PDB USD 8,35 triliun, dan ke-3 Jepang USD 5,95 triliun.

Apa faktor yang membuat cerahnya prospek ekonomi Indonesia? Fauzi menyebut, besarnya populasi dan penduduk usia produktif membuat kekuatan konsumsi domestik tetap menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia dalam dua dekade mendatang. "Jika ditambah dengan investasi, ini akan menjadi potensi yang luar biasa," ucapnya.
    
Potensi ini sejalan dengan riset Boston Consulting Group (BCG). Lembaga konsultan ternama dunia ini menyebut, jumlah masyarakat kelas menengah Indonesia yang pada 2013 sebanyak 74 juta orang, pada 2020 akan melesat menjadi 140 juta orang. Yang menarik, optimisme masyarakat kelas menengah Indonesia jauh lebih tinggi dibanding kelas menengah di Tiongkok, India, Brazil, dan Rusia.

JAKARTA - Optimisme ekonomi Indonesia saat ini bisa jadi tengah meredup seiring tekanan defisit transaksi berjalan dan depresiasi rupiah. Kondisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News