Industri Migas Tingkatkan Local Content

Industri Migas Tingkatkan Local Content
Industri Migas Tingkatkan Local Content
JAKARTA - Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BPMigas) berkomitmen meningkatkan belanja sektor migas pada industri dalam negeri. Optimalisasi nilai tambah sektor migas juga akan diwujudkanmelalui peningkatan porsi local content (kandungan lokal).

 

Kepala BPMigas R. Priyono mengatakan, selaku pelaksana usaha sektor migas, pihaknya punya salah satu agenda peningkatan local content Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS). "Kami targetkan pada 2010 nanti komposisi expenditure (belanja, Red) KKKS untuk local content bisa 55 persen. Saat ini di bawah 50 persen," katanya saat presentasi kebijakan dan program di Departemen ESDM Selasa (3/3).

 

Untuk mencapai target itu, kata Priyono, BPMigas akan mengupayakan langkah pengendalian Plan of Development (PoD) atau rencana pengembangan, maupun Work Program and Budgeting (WP&B) atau program kerja dan anggaran yang diajukan KKKS. "Termasuk pengadaan barang dan jasa," tuturnya.

 

Peningkatan komposisi persentase belanja migas cukup signifikan. Total belanja KKKS, baik belanja modal atau capital expenditure (capex) maupun belanja operasional atau operational expenditure (opex) hingga kuartal III 2008 mencapai USD 8,65 miliar. Itu terdiri dari belanja KKKS produksi USD 7,45 miliar dan belanja KKKS nonproduksi USD 1,19 miliar.

 

JAKARTA - Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BPMigas) berkomitmen meningkatkan belanja sektor migas pada industri dalam negeri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News