Inflasi Juni Capai 0,55 Persen, Kepala BPS Malu

Inflasi Juni Capai 0,55 Persen, Kepala BPS Malu
Inflasi Juni Capai 0,55 Persen, Kepala BPS Malu
JAKARTA- Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan inflasi bulan Juni. Di luar prediksi pemerintah, inflasi bulan lalu mencapai 0,55 persen. Angka ini tercatat sebagai inflasi tertinggi dalam tahun ini.

"Saya agak malu sebenarnya, karena saya sering bilang perkiraan 0,1 dan 0,2 tapi ternyata 0,55 persen," ungkap kepala BPS, Rusman Heriawan di Jakarta, Jumat (1/7).

Dikatakan, inflasi tertinggi di tahun 2011 ini cukup mengkhawatirkan arena kenaikan harga barang terjadi di luar prediksi sebelumnya. "Pada minggu-minggu terakhir ada kenaikan signifikan pada harga-harga barang pokok. Karena itulah inflasi bulan Juni menjadi tinggi," kata Rusman.

Dengan inflasi 0,55 persen, imbuh dia, maka BPS mencatat Inflasi tahun kalender 1,06 persen. Padahal biasanya berada di bawah 1 persen. Inflasi tahun kalender (yoy) tercatat 5,54 persen. Hal ini terjadi karena inflasi Juni 2010 tercatat 0,97 persen sehingga dengan inflasi Juni 2011 0,55 persen maka inflasi yoy menjadi tertarik ke bawah. Sementara inflasi inti tercatat 0,33 persen.

JAKARTA- Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan inflasi bulan Juni. Di luar prediksi pemerintah, inflasi bulan lalu mencapai 0,55 persen. Angka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News