Inflasi, Raskin Naik 30 Persen

Inflasi, Raskin Naik 30 Persen
Inflasi, Raskin Naik 30 Persen
JAKARTA- Pemerintah mulai tak lagi bersahabat dengan rakyat miskin. Betapa tidak, konsumsi beras mikin yang sebelumnya dipatok Rp1.600 per Kg akan dinaikkan 30 persen lebih menjadi Rp2.150 per Kg pada tahun 2010 mendatang.

Naiknya harga jual beras ini menurut Dirut Perum Bulog karena atas ketetapan Menkeu Sri Mulyani dengan melihat tingkat inflasi. “Memang sudah ada kesepakatan dengan Komisi IV DPR RI bahwa harga jual beras raskin pada 2010 sebesar Rp1600 per kilo. Namun saya diberitahukan Menkeu kalau harga beras subsidi Rp2.1250,” ungkap Direktur Utama Perum Bulog Mustafa Abubakar dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi IV DPR RI, Senin (31/8).

Sedangkan harga pokok beras (HPB) yang ditetapkan tidak berubah tetap Rp5.850 per kg. Mengenai kualitas harga beras, Mustafa menyatakan, akan lebih baik seiring dengan perbaikan produksi beras. Di mana pada 2008, Indonesia sudah lepas dari impor beras, 2009 akan mengalami surplus, dan 2010 ditargetkan akan mulai mengekspor.

“Penguatan ketahanan pangan masyarakat miskin sudah semakin baik, sehingga tidak perlu melakukan impor lagi. Selain itu kualitas beras juga makin ditingkatkan,” kata Mustafa.

JAKARTA- Pemerintah mulai tak lagi bersahabat dengan rakyat miskin. Betapa tidak, konsumsi beras mikin yang sebelumnya dipatok Rp1.600 per Kg akan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News