Info dari Erdogan: 10 Juta Dosis Vaksin Sinovac Tiongkok Masuk Turki Akhir Pekan Ini

Info dari Erdogan: 10 Juta Dosis Vaksin Sinovac Tiongkok Masuk Turki Akhir Pekan Ini
Presiden Turki Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Tiongkok Xi Jinping pada pertemuan di Beijing, 2 Juli 2019. Foto: Anadolu

jpnn.com, ISTANBUL - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan terus berupaya mendatangkan vaksin Covid-19 buatan Sinovac, Tiongkok dalam jumlah besar.

Menurut Erdogan, Turki akan segera menerima vaksin Covid-19 gelombang kedua dari Sinovac sebanyak 10 juta dosis.

Dalam jumpa pers usai jumatan di Istanbul, Jumat (22/1), Erdogan menyatakan bahwa perngadaan vaksin Covid-19 tahap kedua sebanyak 10 juta dosis itu telah memperoleh persetujuan dari Tiongkok. "Kemungkinan besar akan datang akhir pekan ini," katanya.

Sebelumnya Turki telah menerima 3 juta dosis vaksin Covid-19 dari Sinovac. Pada 13 Januari 2021, negeri di kawasan Eurasia itu memulai program vaksinasi Covid-19 dengan sasaran para pekerja kesehatan.

Lebih dari sejuta warga Turki menerima suntikan vaksin Covid-19. Menurut Erdogan, program vaksinasi akan berlanjut dalam beberapa tahap yang ditetapkan Dewan Sains.

Seiring pelaksanaan program vaksinasi Covid-19, kalangan pengusaha kafe dan restoran di Turki mendesak pemerintah segera melakukan pelonggaran.

Namun, Erdogan tak mau begitu saja menuruti permintaan itu dan akan membahasnya pada rapat kabinet Senin depan (25/1).

"Mereka mengatakan akan beroperasi di bawah aturan yang ketat, tetapi sayangnya mereka tidak menepati janji. Kami tidak ingin membalikkan kesuksesan (dalam memerangi Covid-19, red). Kami tidak ingin mengambil risiko," tegasnya.(Hurriyet/jpnn)

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan terus berupaya mendatangkan vaksin Covid-19 buatan Sinovac, Tiongkok dalam jumlah besar.


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News