Infrastruktur Asian Games 2018 Sudah 90 Persen

Infrastruktur Asian Games 2018 Sudah 90 Persen
Menko PMK Puan Maharani (tengah) meninjau infrastruktur Asian Games 2018. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani meninjau langsung beberapa fasilitas Asian Games 2018, Jumat (20/10).

Stadion Utama Gelora Bung Karno menjadi titik pertama peninjauan Menko PMK. Stadion dengan kapasitas 80.000 yang dibangun tahun 1960 untuk Asian Games tahun 1962 ini memiliki sejarah penting. Di stadion inilah Asian Games ke IV pertama kali diselenggarakan di Indonesia. Saat ini renovasi sudah mencapai 90 persen melampaui target yang ditetapkan, yakni 89,49 persen.

"Tujuan peninjauan ini adalah untuk melihat persiapan menjelang Asian Games, apakah sudah on schedule atau belum, dan ternyata alhamdulillah target-target yang ditetapkan sudah sesuai dengan schedule-nya dan insyaallah pada bulan November ini pekerjaan fisik di lapangan GBK ini akan selesai,” kata Mbak Puan.

Turut mendampingi Menko PMK, Ketua KONI Tono Suratman, Dirjen Cipta Karya Kemen PU & PR Sri Hartoyo, Ketua KOI/Ketua INASGOC Erick Tohir, Sesmenpora Gatot S Dewa Brato, Direktur Pembangunan & Pengembangan Usaha GBK Gatot Tetuko.

Puan menambahkan, kebutuhan yang berkaitan dengan Asian Paragames yang pelaksanaannya dilakukan sebulan setelah penyelenggaraan Asian Games 2018 juga sudah disiapkan fasilitas untuk disabilitas.

Kemudian pada bulan Februari nanti akan diadakan test event yang berkaitan dengan atletik. Menurutnya banyak perubahan-perubahan signifikan terkait persiapan penyelenggaraan Asian Games 2018 ini.

Titik selanjutnya yang ditinjau Menko PMK bersama rombongan adalah fasilitas bola basket dan Stadion Madya. Di sana pembangunan sudah mencapai 64,25 persen. Lokasi terakhir yang ditinjau Menko PMK adalah stadion tenis (indor).

Pembangunan pada stadion tenis ini sudah mencapai progres 98,82 persen sesuai dengan target yang ditetapkan. Perlu diketahui, venue yang saat ini dicek oleh Puan, merupakan venue yang belum dicek oleh Wapres Jufus Kalla selaku Ketua Dewan Pengarah Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC).

Menko PMK Puan Maharani optimistis Indonesia akan sukses dalam penyelenggaraan, venue dan juga prestasi Asian Games 2018.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News