Ingat Pesan Mbak Puan, Jangan Malu Bawa Bekal dari Rumah

Ingat Pesan Mbak Puan, Jangan Malu Bawa Bekal dari Rumah
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani dalam rapat di kantornya, Jumat (23/3). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengajak masyarakat untuk membiasakan diri membawa bekal dari rumah untuk aktivitas harian. Ajakan Puan itu seiring dengan perayaan Hari Bekal Nasional pada hari ini (12/4).

Puan mengatakan, anak-anak taman kanak-kanak (TK) ataupun sekolah dasar (SD) biasanya memiliki kotak bekal. Isinya adalah makanan sehat yang disiapkan orang tua mereka dari rumah.

Menurut Puan, kebiasaan itu hendaknya diteruskan. Dia meyakini upaya untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul bisa diawali dengan mengonsumsi makanan sehat.

"Hidup sehat itu dimulai dari kebiasaan mengonsumsi makanan sehat dari rumah. Itu kenapa saya selalu ingatkan pentingnya membawa bekal sendiri. Demi kesehatan, bukan semata pelit loh," kata Puan.

Menko PMK pertama dalam sejarah Indonesia itu lantas membeber keunggulan membawa bekal makanan dari rumah. Pertama adalah menjamin nutrisi yang diperlukan.

Ingat Pesan Mbak Puan, Jangan Malu Bawa Bekal dari Rumah
Ilustrasi: Kemenko PMK

“Karena bisa mengatur menu makanan yang kita suka. Selain nutrisi yang baik, kita juga melatih kreativitas dalam mengatur atau memadukan berbagai jenis makanan ke dalam bekal,” katanya.

Yang kedua adalah menghemat uang jajan. De ngan bekal dari rumah, kata Puan, maka anak-anak diajari untuk bertanggung jawab.

Menko PMK Puan Maharani mengajak masyarakat untuk membiasakan diri membawa bekal dari rumah demi aktivitas harian. Ada banyak keuntungan dengan membawa bekal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News