Ingat ya, Sekarang Sudah Zaman Serba Sharing

Ingat ya, Sekarang Sudah Zaman Serba Sharing
Seminar Nasional Telekomunikasi Indonesia “Palapa Ring untuk Pemerataan Akses Telekomunikasi dan Informasi di Indonesia Timur di Universitas Sam Ratulangi Manado . Pembicara : Woro Indah Widyastuti (Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Teknolongi), Agus Pambagio (Pengamat Kebijakan Publik), Teguh Prasetya (Kepala Bidang Keanggotaan dan Komunikasi Publik Masyarakat Telematika Indonesia /MASTEL ). Foto: Ist for JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Masyarakat di wilayah timur Indonesia, terutama di daerah perbatasan yang merupakan wilayah paling krusial, sangat membutuhan percepatan pembangunan jaringan akses broadband.

 

Apalagi, saat ini zaman sudah serba sharing sehingga pembangunan jaringan dan infrastruktur bisa dilakukan secara bersama-sama.

"Semua masyarakat Indonesia berhak mendapatkan akses informasi yang berkualitas dan terjangkau. Oleh karena itu diperlukan regulasi yang tepat dan ini mendesak diperlukan,” kata Sekjen Lisuma Indonesia, Al Akbar Rahmadillah dalam keterangan tertulisnya, Jumat (16/12).

Sementara, Tenaga Ahli Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) Woro Widyastuti menjelaskan bahwa akses TIK masih belum memadai di wilayah Indonesia bagian timur terutama daerah perbatasan yang merupakan wilayah paling krusial.

Bahkan beberapa kota-kota besar bagian terluar Indonesia seperti Manado dan Jayapura juga belum punya kualitas kecepatan internet yang baik.

“Di Indonesia Timur pertumbuhan internetnya masih terlalu lambat. Di Sulawesi masih ada infrastrukturnya tinggal menambah kapasitas, tapi di Papua sama sekali belum ada. Orang mau berhubungan via telepon itu mahal sekali. Padahal masyarakat di sini sangat membutuhkan TIK untuk belajar dan bekerja,” ujar Woro dalam Seminar Nasional yang diselenggarakan di Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Woro juga menambahkan bahwa dalam membangun infrastruktur di daerah-daerah terpencil tak perlu menunggu masyarakatnya tumbuh terlebih dahulu.

JAKARTA – Masyarakat di wilayah timur Indonesia, terutama di daerah perbatasan yang merupakan wilayah paling krusial, sangat membutuhan percepatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News