Jumat, 15 Desember 2017 – 11:23 WIB

Ingin Kembali Jadi Politisi Lokal, Senator Australia Ini Mundur

Jumat, 06 Oktober 2017 – 10:00 WIB
Ingin Kembali Jadi Politisi Lokal, Senator Australia Ini Mundur - JPNN.COM

Senator Australia Nick Xenophon mengumumkan bahwa dia akan meninggalkan politik di tingkat federal dan kembali menjadi politisi lokal di Australia Selatan.

Dalam sebuah konferensi pers di Adelaide hari Jumat (6/10/2017) Senator Xenophon menyatakan pemilu lokal tahun depan akan sangat penting karena negara bagian Australia Selatan berada di persimpangan jalan.

Senator Xenophon yang menjadi senator Australia melalui jalur Tim Xenophon menilai bahwa dua parpol utama yaitu Partai Buruh dan Partai Liberal lebih tertarik memperebutkan siapa yang lebih banyak mendapatkan keuntungan daripada memperjuangkan nasib rakyat.

Setelah berkarir selama satu dekade di Parlemen Australia Selatan dari tahun 1997, Senator Xenophon beralih ke politik tingkat federal pada tahun 2007 sampai sekarang.

Ketika maju ke tingkat federal dia menyatakan yakin bisa berbuat lebih banyak untuk negara bagiannya sebagai senator independen di Canberra.

Namun Senator Xenophone mengatakan terjadinya pemadaman listrik besar-besaran di Australia Selatan tahun lalu dan kenaikan tarif listrik telah mengubah pikirannya.

Dia kini menyimpulkan bahwa masalah negara bagian tidak dapat diperbaiki di Canberra tanpa terlebih dahulu memperbaiki apa yang dia sebut "sistem politik yang rusak di kampung halaman".

Senator Xenophon akan tetap duduk di Senat Australia sampai Mahkmah Agung negara itu menentukan status kewarganegaraannya. Dia merupakan satu dari sejumlah politisi yang terseret kasus kewarganegaraan ganda.

Dia menyatakan akan ikut dalam pemilu lokal unntuk memperebutkan kursi dapil Hartley di parlemen Australia Selatan. Dapil ini terletak di pinggiran Kota Adelaide bagian utara.

Simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini.

 
SHARES
Komentar