JPNN.com

Ingin Mencegah Stroke? Lakukan 5 Cara Ini

Selasa, 10 September 2019 – 04:07 WIB Ingin Mencegah Stroke? Lakukan 5 Cara Ini - JPNN.com

jpnn.com - Tak hanya mengancam orang paruh baya, kini stroke juga menyasar kaum muda. Untuk itu, upaya-upaya mencegah stroke perlu dilakukan sedini mungkin. Bila terlambat, kelumpuhan bahkan kematian dapat menjadi ancamannya.

Stroke adalah kondisi di mana aliran darah ke otak terhenti secara mendadak, sehingga sel otak kekurangan oksigen untuk berfungsi dan bisa menyebabkan kematian. Stroke sendiri dibagi menjadi dua, yakni stroke iskemik dan stroke hemoragik.

Stroke iskemik adalah stroke yang terjadi karena pembuluh darah ke otak mengalami sumbatan tiba-tiba. Sedangkan stroke hemoragik adalah stroke yang terjadi karena pembuluh darah pecah dan menimbulkan perdarahan di otak.

Perlu diketahui bahwa stroke hemoragik merupakan stroke yang lebih berbahaya dan butuh penanganan secepatnya. Hal ini karena perdarahan dalam otak bisa menyebabkan tekanan dalam otak meningkat dan berisiko kematian. 

Tips mencegah stroke

Namun, baik itu stroke hemoragik ataupun stroke iskemik, keduanya sama-sama bisa dicegah dengan beberapa hal mudah. Seperti dijelaskan dr. Devia Irene Putri dari KlikDokter, berikut pencegahannya: 

1. Menjaga berat badan tetap stabil
Memiliki berat badan yang berlebih alias obesitas bisa menimbulkan beberapa komplikasi, termasuk diabetes, tekanan darah ,tinggi dan stroke. Menurut dr. Devia, menurunkan berat badan sebanyak 3-5 kg bisa menurunkan risiko stroke pada penderita. 

“Indeks massa tubuh yang paling ideal itu kan tidak sampai di angka 25, jadi usahakan agar tetap stabil di bawah 25 atau setidaknya tetap di angka 25. Hindari juga mengonsumsi lebih dari 1.500 kalori per harinya,” ujar dr. Devia.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...