Ini 10 Paspor Paling Sakti di Dunia

Ini 10 Paspor Paling Sakti di Dunia
Paspor

jpnn.com - Ketika melakukan perjalanan global, paspor adalah salah satu bekal utama bagi penduduk bumi. Namun, tidak semua paspor diciptakan sama. Di antara mereka ada paspor-paspor sakti yang jadi juara.

Menurut Passport Index, saat ini paspor yang paling sakti dimiliki oleh Singapura. Itu terjadi setelah Paraguay menghapus persyaratan visa bagi pemegang paspor dari negara-negara Asia untuk masuk ke negara mereka.

Dibentuk oleh perusahaan kependudukan internasional dan penasihat kewarganegaraan, Arton Capital, Passport Index adalah salah satu nilai ukur paspor yang memilah dan memberi peringkat paspor dunia berdasar akses memasuki negara tertentu. Dan, Singapura adalah juaranya.

Bila memiliki paspor Negeri Singa itu, seseorang dapat dengan mudah mengunjungi 159 negara dengan bebas visa atau dengan visa on arrival.

Sebelum Paraguay menghapus pembatasan visa, Singapura berbagi posisi di Passport Index dengan Jerman yang memiliki skor paspor 158.

Ini adalah kali pertama sebuah negara Asia memiliki paspor paling kuat di dunia. ”Singapura terus meningkatkan kekuatan paspornya sejak menjadi independen pada tahun 1965,” kata Philippe May, managing director Arton Capital di Singapura.

”Semua ini karena kebijakan luar negeri yang cerdas dan berpandangan jauh, diplomasi yang bagus, dan dengan memahami globalisasi sebagai sebuah kesempatan. Tidak seperti negara anggota Schengen di Eropa, Singapura memutuskan sendiri siapa mereka berikan akses bebas visa,” sambungnya.

Selain itu, kata May, Singapura tidak terkunci dalam zona perjalanan umum (misalnya dengan negara-negara ASEAN lain) dan tidak pernah memaksakan pembatasan visa kepada warga negara asing hanya karena negara-negara anggota ASEAN lainnya memiliki batasan.

Pemegang paspor-paspor ini bisa dengan mudah masuk ke hampir seluruh negara di dunia. Ada Indonesia?

Sumber Jawapos.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News