Ini 10 Titik Rawan Macet di Jalur Mudik

Ini 10 Titik Rawan Macet di Jalur Mudik
Kepadatan kendaran terjadi di jalan tol fungsional Trans Jawa pada Minggu (10/6/2018) sore. Foto: Raka Denny/Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Kepala Dinas PU Bina Marga Jatim, Gatot Sulistyo Hadi menyampaikan di Jawa timur terdapat sepuluh daerah dengan sejumlah lokasi rawan macet yang harus diwaspadai pemudik

Yakni di Lamongan Pasar Babat, Brondong, Bangkalan Pasar Tanah Merah dan Pasar Blegah, Gresik Jalan Raya Duduk Sampean, Sidoarjo Medaeng-Kletek, dan Pandaan Tamandayu.

Kemudian di Malang Pasar Lawang, Karanglo-Batu, Pasuruan Jalan Raya Cangkringmalang, jalan raya Untung Suropati Bangil (simpang 3 timur alun-alun), dan  Kertosono Simpang 3 Mengkreng, di Tuban jalan Tuban-Bulu.

"Dari sejumlah lokasi macet terdapat sejumlah titik yang diprediksi kemacetan akan berkurang drastis, bahkan perkurangan arus Diprediksi turun sampai 60 persen," ungkap Gatot.

Gatot menjabarkan kemacetan di beberapa titik di Jatim bisa terurai dengan dioperasikannya empat tol secara fungsional.

Yakni tol Gempol-Pandaan 1,56 km dan tol Gempol-Pasuruan sepanjang 6,6 km yang bisa mengurai kemacetan di Pasuruan, tol pandan-malang sepanjang 15,15 km, akan mampu mengurangi kemacetan sebesar 60 persen di malang, tol Kertosono-Wilangan sepanjang 38,75 km.

"Tol fungsional bisa mengurai kepadatan jalur di arteri, sehingga mampu mengurangi beban lalu lintas. Diharapkan masyarakat mengunakan tol fungsional dan taati rambu sekaligus jaga konsistensi kecepatan di dalam koridor 40 km karena kondisi jalan tol masih belum sempurna ada sejumlah keterbatasan karena memang baru dibuka," imbuhnya.

Gatot menegaskan yang harus diantisipasi di posisi exit tol adalah penumpukan arus kendaraan.

Pemudik bisa memanfaatkan empat tol fungsional baru yang dibuka untuk mengurai kemacetan di jalur mudik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News