Ini 3 Kiat Mudah Optimalkan Kerja Otak

Ini 3 Kiat Mudah Optimalkan Kerja Otak
Ilustrasi otak. Foto:Pixabay

jpnn.com - Ketika otak bekerja secara optimal, tentunya Anda bisa melakukan berbagai hal dengan sangat baik. Sebab, kerja otak yang baik juga akan disertai dengan koordinasi yang baik antara otak dan seluruh anggota tubuh. Ada beberapa kiat yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkannya, dan caranya ternyata tak sulit.

Menurut dr. Alvin Nursalim SpPD dari KlikDokter, otak ibarat sebuah mesin. Jika kinerjanya tidak optimal, maka sistem di dalam tubuh manusia pun juga tidak akan berjalan dengan baik juga.

Meski dituntut selalu bekerja dengan baik setiap harinya, nyatanya ada beberapa hal yang bisa menyebabkan konsentrasi Anda menurun, entah karena kurang tidur atau hal lainnya. Oleh sebab itu, diperlukan upaya khusus untuk membuat otak dapat bekerja dengan baik setiap harinya.

Lakukan ini untuk optimalkan kerja otak

Kinerja otak ternyata bisa dioptimalkan setiap harinya. Ada beberapa kiat yang bisa Anda lakukan untuk membuat otak Anda semakin maksimal untuk dimanfaatkan dalam aktivitas sehari-hari. Hal ini agar 'mesin' terus menyala dan Anda bisa tetap produktif di setiap kesempatan.

1. Hargai jam tidur Anda

Cara terbaik agar otak bekerja secara optimal adalah mendapatkan tidur yang cukup pada malam hari. Sebab, menurut dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, kurang tidur bisa berdampak pada kinerja otak Anda.

"Dalam penelitiannya, para ilmuwan mengambil tikus sebagai hewan percobaan. Hasilnya menunjukkan, tikus mengalami kematian sel otak sebanyak 25 persen akibat kurang tidur berkepanjangan," jelas dr. Reza.

Dengan melakukan berbagai upaya di atas, meski tubuh terasa lelah, otak Anda bisa tetap bekerja dengan baik.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News