Ini 3 Manfaat Mengkudu untuk Kulit Wajah

Ini 3 Manfaat Mengkudu untuk Kulit Wajah
Pohon mangga berbuah mengkudu. Foto: JPG/Pojokpitu

jpnn.com - Mengkudu atau Morinda citrifolia termasuk dalam kelompok tanaman kopi-kopian. Buah ini memiliki banyak sebutan mulai dari buah pace, kura, dan noni, serta banyak tumbuh di Asia Tenggara dan Australia.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa mengkudu mengeluarkan aroma yang tidak sedap, bahkan membuat ingin muntah sehingga tak jarang orang menyebutnya sebagai "vomit fruit". Tak hanya itu, tekstur kulit buahnya yang kasar membuatnya tampak tidak menarik untuk dikonsumsi.

Walau penampilannya kurang menarik, berbagai zat yang terkandung dalam mengkudu rupanya memiliki manfaat bagi kulit wajah. Manfaat tersebut adalah:

1. Mencegah keriput.

Mengkudu mengandung zat aktif antrakuinon. Antrakuinon bisa memicu pembentukan kolagen yang diperlukan untuk menjaga elastisitas kulit. Inilah yang menjadikan mengkudu bisa membantu mencegah keriput dan menjaga kulit wajah tetap kencang. Sebuah studi ilmiah menyebutkan bahwa konsumsi ekstrak mengkudu bisa mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit.

2. Membantu menjaga sel kulit.

Kandungan asam lemak esensial dan zat peroxironine dalam mengkudu bisa melindungi dinding sel, memperbaiki sel yang rusak termasuk sel kulit. Tak hanya itu, vitamin C serta antioksidan dalam mengkudu juga dapat membantu menjaga kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dari makanan dan polusi udara.

3. Membantu penyembuhan berbagai penyakit kulit.

Walau penampilannya kurang menarik, berbagai zat yang terkandung dalam mengkudu rupanya memiliki manfaat bagi kulit wajah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News