JPNN.com

Ini 3 Pola Hidup Sehat Bagi Penderita Autoimun

Sabtu, 19 Oktober 2019 – 04:07 WIB Ini 3 Pola Hidup Sehat Bagi Penderita Autoimun - JPNN.com

jpnn.com - Penyakit autoimun merupakan kondisi imun tubuh menyerang tubuh penderitanya. Beberapa penyakit autoimun yang sering menyerang antara lain lupus eritematous sistemik (SLE), diabetes tipe 1, rheumatoid arthritis (RA), psoriasis, celiac disease, inflammatory bowel disease (IBD), dan multiple sclerosis.

Penyakit autoimun memang tak bisa disembuhkan, tapi bisa dikendalikan dengan pola hidup sehat.

Tak sedikit mereka yang terdiagnosis penyakit autoimun merasa patah semangat untuk sembuh, karena sampai saat ini penyakit tersebut belum dapat disembuhkan secara total. Pemberian obat-obatan pada penderita hanya bersifat membantu mengurangi gejala yang muncul.

Kerjanya adalah dengan menenangkan reaksi peradangan, sehingga respons imun yang berlebihan pun ikut menurun.

Meski pemberian obat dapat membantu mengurangi gejala yang muncul, tapi juga diperlukan pola hidup sehat untuk menjaga tubuh agar tetap bertenaga dan sehat.

Berikut ini adalah beberapa tips pola hidup sehat bagi para penderita penyakit autoimun:

1. Hindari pencetus

Sampai saat ini, belum diketahui secara pasti penyebab penyakit autoimun. Beberapa ahli menyebutkan, bahwa faktor genetik atau keturunan ikut andil menjadi penyebab. Selain itu, faktor lain seperti infeksi dan paparan terhadap bahan-bahan pelarut atau kimiawi, juga dianggap dapat memperburuk kondisi penyakit autoimun.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...