Viral di TikTok, Ini 5 Kegunaan Antiseptik

Viral di TikTok, Ini 5 Kegunaan Antiseptik
Ilustrasi membersihkan mainan dengan menggunakan antiseptik. Foto: dok. Betadine

jpnn.com, JAKARTA - Povidone-iodine atau yang dikenal dengan betadine ternyata tidak hanya bisa digunakan sebagai obat luka untuk mencegah infeksi.

Dalam beberapa video life-hack di TikTok, berikut lima manfaat dari povidone-iodine yang mungkin belum banyak yang tahu:

1. Pembasmi Hama 

Obat luka itu ternyata bisa menyembuhkan luka pada tumbuhan. Caranya, cukup pisahkan bagian tanaman yang sudah membusuk dengan yang masih sehat dan bertunas.

Oleskan antiseptik itu ke bagian tumbuhan yang sehat dan tanam kembali. Pemberian antiseptik ini dipercaya dapat mengurangi penyebaran jamur dan bakteri ke dalam tanaman.

2. Karya Seni

Pelukis yang juga TikTokers Erika Richardo mencoba membuat lukisan dengan menggunakan Betadine Antiseptik. Ternyata, obat luka itu memberikan warna biru berbeda jika dicampur air dan digoreskan ke kertas putih.

3. Mengusir Kuman dan Jamur pada Hewan

Larutan antiseptik ini ampuh menghilangkan kuman dan jamur pada anak bulu atau anabul hewan peliharan. Komposisinya, masukan sekitar 0.3-0.75 ml atau 6-15 tetes antiseptik ke dalam 60 liter air.

Jika anabul dalam keadaan luka, berikan sekitar 20 tetes ke dalam air dan basuh ke bagian yang terluka. Memandikan anabul dengan larutan antiseptik membuat hewan kesayangan tidak akan bau dan terserang kuman. Lengkapnya bisa melihat video TikTok dari Ezron Tarigan.

4. Mensterilkan Brush Make-up

Antiseptik ini juga bisa digunakan untuk membersihkan serta mensterilkan peralatan make up.

Dalam beberapa video life-hack di TikTok, berikut 5 manfaat dari antiseptik yang mungkin belum banyak yang tahu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News