Ini 5 Negara Produsen Minyak Sawit Terbesar di Dunia

Ini 5 Negara Produsen Minyak Sawit Terbesar di Dunia
Lima Negara Produsen Minyak Sawit Terbesar di Dunia. Ilustrasi/ Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Minyak kelapa sawit sedang laku keras di pasar global. Harga minyak kelapa sawit pun terus menanjak, bahkan meroket.

Minyak kelapa sawit merupakan minyak nabati paling populer di dunia. Minyak sawit dengan karakteristik dan kandungan nilai gizinya dapat diolah menjadi berbagai jenis produk turunan dan mendukung kehidupan sehari-hari masyarakat dunia.

Berikut lima negara yang menjadi produsen besar minyak kelapa sawit:

1. Indonesia

Indonesia sudah menjadi produsen minyak sawit nomor satu di dunia sejak 2006. Data Index Mundi mencatat, pada 2019, produksi sawit Indonesia mencapai 43,5 juta ton dengan pertumbuhan rata-rata 3,61 persen per tahun. Produksi didukung oleh ketersediaan lahan perkebunan kelapa sawit Indonesia yang seluas 16,381 juta hektare.

2. Malaysia

Masih berdasarkan data Index Mundi mencatat, pada 2019, produksi sawit Malaysia mencapai 19,3 juta ton dengan pertumbuhan rata-rata sebesar 0,96 persen per tahun. Besarnya produksi karena ketersediaan lahan perkebunan kelapa sawit Malaysia yang seluas 5,35 juta hektare.

3. Thailand

Produksi sawit di Thailand mencapai tiga juta ton per tahun dan angka pertumbuhannya rata-rata 3,45 persen per tahun. Adapun luas lahan sawit di Thailand yakni 810 ribu hektare.

4. Kolombia

Negara Amerika Latin ini juga masuk dalam jajaran produsen skala besar industri kelapa sawit dunia. Produksi minyak kelapa sawit Kolombia mencapai 1.680.000 ton per tahun.

Potensi pertumbuhan sawit di Kolombia sebesar 3,38 persen per tahun. Adapun luas lahan sawit di Kolombia hanya 260 ribu hektare. Kolombia adalah negara terbesar produsen sawit di Benua Amerika.

Minyak sawit sedang laku keras di pasar global. Harga minyak kelapa sawit pun terus menanjak, bahkan meroket.

Sumber Warta Ekonomi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News