Ini Alasan Pentingnya Anda Mengelola Stres

Ini Alasan Pentingnya Anda Mengelola Stres
Stres. Foto: Pixabay

jpnn.com - Bila Anda kerap tak memerdulikan stres, kini tampaknya harus pikir dua kali.

Umumnya, sakit kepala bisa diatasi dengan cukup beristirahat, memijat bagian belakang kepala dan leher, mandi air hangat, memperbaiki postur tubuh, dan melakukan terapi relaksasi (pernapasan dalam, yoga, dan meditasi). 

Bila perlu, Anda dapat menggunakan obat-obat pereda nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen. Meski demikian, cara-cara ini kurang efektif untuk mencegah kekambuhan sakit kepala, selama faktor pencetusnya yakni akibat stres.

Karena itu, mengelola stres sangat penting supaya Anda terhindar dari sakit kepala tipe tegang. Bentuknya bisa bermacam-macam. Misalnya, jika beban kerja bertanggung-jawab terhadap munculnya stres, maka Anda harus bisa mengatur beban kerja tersebut untuk didistribusikan secara merata setiap harinya. 

Jika stres disebabkan oleh lingkungan kerja yang kurang kondusif, mungkin ini saatnya Anda mempertimbangkan untuk mencari lingkungan pekerjaan baru. 

Selain mencari solusi untuk hal-hal yang menyebabkan stres, Anda juga dianjurkan untuk rutin berolahraga. 

Saat berolahraga, hormon endorfin yang ‘melawan’ hormon stres akan dikeluarkan, sehingga tubuh akan merasa lebih nyaman dan relaks.

Anda pun sebaiknya membatasi atau bahkan menghindari hal-hal yang dapat memperburuk stres seperti kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol, dan konsumsi kafein.

Dengan mengetahui ciri-ciri sakit kepala karena stres, solusi terbaik untuk menghindarinya dengan menjauhi diri dari stres atau mampu mengelolanya.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News