Ini Alasan Pentingnya Nakes Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital 

Ini Alasan Pentingnya Nakes Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital 
Literasi Digital kepada Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia Seri 2 baru-baru ini. Foto dok. Kemenkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Tenaga kesehatan (nakes) di Indonesia kini dihadapkan pada tuntutan untuk meningkatkan literasi digital guna mengikuti perkembangan teknologi yang pesat dan menyediakan layanan kesehatan yang lebih efisien.

Literasi digital bukan lagi opsional, melainkan kunci sukses dalam pelayanan kesehatan di Indonesia.

Ketua Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia Amiruddin Supartono menyampaikan nakes memiliki tanggung jawab besar terhadap kesejahteraan dan keselamatan pasien.

"Seperti kemampuan untuk memahami, mengakses, mengevaluasi dan menggunakan informasi kesehatan digital dengan bijak adalah kunci dalam memberikan perawatan berkualitas dan aman,” ucap Amiruddin Supartono dalam acara Literasi Digital kepada Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia Seri 2 baru-baru ini.

Dia juga menekankan bahwa dengan semua manfaat literasi digital juga datang dengan berbagai tantangan di antaranya risiko keamanan dan penyalahgunaan informasi.

“Penting untuk terus meningkatkan literasi digital bagi nakes berkolaborasi dengan tim dan menjalani pelatihan berkala untuk tetap relevan dalam dunia kesehatan yang berubah dengan sangat cepat," tambahnya.

Pada kesempatan sama, Widyaiswara Ahli Madya Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto Kemenkes RI, Maman menyampaikan tentang digital skill guna memahami kecakapan digital

Pemahaman keterampilan digital, tidak sekadar memahami, terampil secara hard skill, tetapi bagaimana kemampuan memahami, menyeleksi, memverifikasi, menganalisis, dan berpartisipasi di media digital atau penggunaaan teknologi digital secara efektif dan efisien

Ketua Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia menyampaikan pentingnya nakes meningkatkan kemampuan literasi digital

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News