JPNN.com

Ini Alasan Timbulnya Jerawat Akibat Menggunakan Masker

Jumat, 30 Oktober 2020 – 13:18 WIB
Ini Alasan Timbulnya Jerawat Akibat Menggunakan Masker - JPNN.com
Ilustrasi logo masker. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - SAAT ini, menggunakan masker sudah merupakan hal yang biasa bagi warga dunia akibat pandemi COVID-19.

Namun, mengenakan masker setiap hari bukan tanpa efek samping juga, salah satunya adalah jerawat yang sering disebut dengan istilah "maskne", gabungan dari "masker" dan "acne" (jerawat).

" Maskne" terjadi karena pemakaian masker yang berkepanjangan dan terutama juga dipicu oleh pemakaian masker berlapis," kata dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RS Pondok Indah, Puri Indah, Susie Rendra.

" Mekanisme terjadinya karena udara hangat ekspirasi (udara pernapasan yang dikeluarkan) terperangkap di lingkungan yang sempit," jelas Susie.

" Hal ini meningkatkan kepengapan dan menimbulkan produksi keringat berlebih," ujar Susie.

Ada kalanya jerawat muncul akibat alergi atau ketidakcocokan dengan bahan masker yang digunakan sehingga memicu rasa gatal pada awalnya.

" Rasa gatal menyebabkan Anda sering memegang dan mengusap muka serta menaik-turunkan masker ke arah dagu. Hal ini juga meningkatkan risiko jerawat," ujar dia

Bila dirasa kurang cocok dengan bahan masker, Susie menyarankan untuk mengganti jenis dan merek masker dengan yang lain.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fny