Ini Asupan Nutrisi yang Penting saat Hamil

Ini Asupan Nutrisi yang Penting saat Hamil
Ilustrasi. Foto: Dok. Jawa Pos

jpnn.com - USIA kehamilannya sudah memasuki sembilan bulan. Tinggal hitungan hari, Ella Tommy menghadapi persalinan. Namun, perempuan cantik 27 tahun itu masih aktif. Dia tidak mudah lelah.

 

Kesibukannya sebagai make-up artist tidak terganggu oleh perut yang membesar. Salah satu rahasianya, ungkap Ella, adalah asupan nutrisi yang cukup dan banyak bergerak.

Selama masa kehamilan, dia mematuhi anjuran dokter, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, serta memperbanyak buah dan sayur yang tepat.

’’Saya makan teratur dengan lauk dan sayuran, serta rajin ngemil buah seperti pepaya, pisang, tomat. Kebetulan, selama kehamilan, tidak ada mual yang berlebihan,’’ ujarnya. Asupan nutrisi yang cukup memberikan energi bagi Ella untuk tetap beraktivitas.

Ibu hamil (bumil) membutuhkan power ekstra untuk menjaga kondisi si janin dalam kandungan. Asupan nutrisinya harus diperhatikan baik-baik. Seperti apa? Makanan yang baik bagi ibu hamil adalah makanan yang bervariasi.

Sebenarnya kebutuhan kalori bumil hanya bertambah sekitar 300 kkal pada trimester 2 dan 3. Namun, kebutuhan atas zat nutrien meningkat.

’’Selama kehamilan, diperlukan protein 75–100 gram, kalsium 1.000 mg, zat besi 27 mg, asam folat 600–800 mcg, dan vitamin C 85 mg tiap hari,’’ papar dr Stella Shirley Mansur SpOG. Dokter yang berpraktik di RS Mitra Keluarga Jakarta itu menguraikan contoh-contoh makanan yang tergolong power food.

USIA kehamilannya sudah memasuki sembilan bulan. Tinggal hitungan hari, Ella Tommy menghadapi persalinan. Namun, perempuan cantik 27 tahun itu masih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News