Ini Capres yang Diinginkan Forum Koalisi Politik Islam

Ini Capres yang Diinginkan Forum Koalisi Politik Islam
Ini Capres yang Diinginkan Forum Koalisi Politik Islam

jpnn.com - JAKARTA - Forum Koalisi Politik Islam yang diinisiasi para tokoh ormas Islam bertemu dengan para pimpinan parpol berbasis Islam di Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (17/4). Mereka menginginkan parpol Islam bersatu dan mengusung calon presiden dan wakil presiden sendiri. Siapa mereka?

Menurut Ketua Pelaksana Forum Koalisi Politik Islam, Ustaz Bachtiar Nasir, mengatakan koalisi menginginkan parpol Islam mengusung nama-nama yang sudah mereka sampaikan kepada masyarakat sebelum Pemilu Legislatif (Pileg) lalu.

"Dari PKB ada Pak Jusuf Kalla (JK). Di Mukernas PPP nama Pak JK disebut, ada Pak Mahfud MD, Bung Rhoma juga sudah dapat mandat Cak Imin (Muhaimin Iskandar). PKS ada Ahmad Heryawan, Anis Matta dan Hidayat Nur Wahid. Artinya koalisi politik umat Islam berharap agar nama-nama yang sudah mereka ajukan ke publik diperjuangkan," kata Bachtiar di Cikini, Kamis (17/4).

Ditegaskan, parpol Islam tidak boleh terlibat dalam kontrak politk yang mengedepankan ego dan kepentingan kelompoknya. Karena itu pula dalam pertemuan malam ini, para pimpinan aprpol Islam diminta mengesampingkan dulu kontrak-kontrak politik yang sudah ada dengan parpol nasionalis.

"Memang kondisinya tidak mudah, rumit, karena mereka (parpol Islam)sudah melakukan kontrak politik sebelum Pileg, dan mereka juga tidak menyangka hasil Pileg. Partai nasionalis juga jangan alergi kalau umat Islam menginginkan capres-cawapres," tegasnya.

Ditambahkan, para tokoh ormas Islam akan bekerja mengawal janji-janji parpol Islam yang sudah diikrarkan kepada konstituennya, termasuk memperjuangkan nama-nama capres-cawapres dari parpol Islam yang sudah disiapkan.

Bachtiar juga menegaskan bahwa Forum Koalisi tidak khawatir jika pertemuan ini dinilai sebagai sektarian dan primordial. Sebab, mayoritas penduduk Indonesia merupakan umat Islam. Sehingga wajar mereka membentuk koalisi sendiri.(Fat/jpnn)


JAKARTA - Forum Koalisi Politik Islam yang diinisiasi para tokoh ormas Islam bertemu dengan para pimpinan parpol berbasis Islam di Cikini, Jakarta


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News