Ini Cara Mudah Membedakan Batuk Pilek karena Alergi atau Infeksi

Ini Cara Mudah Membedakan Batuk Pilek karena Alergi atau Infeksi
Ilustrasi pilek. Foto: Pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Tahukah Anda bahwa ada cara mudah mengenali apakah gejala batuk dan pilek pada anak tergolong alami karena alergi atau infeksi?

Terlebih di masa pandemi virus corona atau COVID-19 seperti saat ini.

Konsultan Alergi dan Imunologi Anak, Prof. Budi Setiabudiawan mengatakan, untuk membedakannya Anda harus memperhatikan apakah si anak mengalami demam atau tidak.

Selain itu, amati bagaimana kejadiannya misal batuk dan pileknya, apakah terjadi sepanjang hari atau lebih ke malam hari dan terakhir, perhatikan apakah dahak atau ingus berwarna dan kental.

Jika ada demam, lalu batuk pileknya muncul pagi dan malam hari serta dahak atau ingusnya kental dan berwarna, maka dia kemungkinan mengalami infeksi.

"Kalau alergi biasanya tidak disertai demam. Kejadian batuk pileknya terutama pada malam hari dan biasanya dahak atau ingusnya bening, tidak berwarna," tutur Budi dalam virtual gathering Bicara Gizi "Allergy Prevention", Kamis (25/6)

Budi menekankan pentingnya deteksi dini alergi terutama pada anak agar bisa segera mendapatkan penanganan sehingga tidak menganggu tumbuh kembangnya.

Menurutnya, alergi merupakan respon sistem imun yang tidak normal untuk mengenali bahan-bahan yang sebenarnya tidak berbahaya bagi orang lain.

Ada cara mudah mengenali apakah gejala batuk dan pilek pada anak tergolong alami karena alergi atau infeksi?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News