Ini Daftar 10 Sniper Top Dunia, Nomor 5 Berjuluk Wanita Maut

Ini Daftar 10 Sniper Top Dunia, Nomor 5 Berjuluk Wanita Maut
Lyudmila Pavlichenko, penembak runduk atau sniper Divisi Infantri ke-25 Tentara Merah Uni Soviet. Foto: goaravetisyan.ru

jpnn.com - Penembak runduk (sniper) bernama Wali sedang kondang belakangan ini. Pria asal Kanada itu memutuskan terjun ke konflik Rusia vs Ukraina.

Memang Wali dianggap sniper mematikan. Ayah dengan satu putra itu merupakan anggota Joint Task Force 2 (JTF-2), sebuah unit elite di Canadian Armed Forces.

Namun, ada sederet sniper yang lebih legendaris ketimbang Wali. Laman List Verse mencatat 10 sniper yang melegenda.

Berikut ini adalah daftar nama dan kiprah 10 sniper legendaris:

1. Simo Hayha
Anggota militer Finlandia ini memiliki julukan The White Death. Rekornya ialah menembak mati 705 orang pada Perang Dunia II.

Lahir pada 17 Desember 1905, Hayha menjadi tentara Finlandia pada 1925. Kiprahnya sebagai penembak runduk dimulai pada perang musim dingin antara Finlandia dengan Uni Soviet pada 1939-1940.

Dia bergentayangan di suhu minus 40 derajat celsius selama kurang lebih 100 hari. Selama konflik itu, Hayha menembak mati 505 musuh menggunakan senapan.

Di samping itu, Hayha menembak mati 200 musuh menggunakan Suomi KP/31 Submachine buatan negerinya. Pada 6 Maret 1940, rahang pipi kirinya sempat hancur akibat peluru berpeledak yang ditembakkan Tentara Merah Uni Soviet.

Berbagai perang yang tercatat dalam sejarah telah melambungkan nama-nama penembak runduk atau sniper dengan kiprah luar biasa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News