Ini Dia Tempat yang Disukai Bakteri

Ini Dia Tempat yang Disukai Bakteri
Ini Dia Tempat yang Disukai Bakteri

jpnn.com - BAIK anak-anak atau orang tua sering terkena penyakit radang tenggorokan atau infeksi telinga yang disebabkan bakteri yang nyatanya gemar sekali tinggal di benda-benda yang sering kita sentuh.

Sebuah studi dari University at Buffalo School of Medicine and Biomedical Sciences menemukan bahwa Streptococcus pneumoniae dan Streptococcus pyogenes bisa berlama-lama hidup di luar tubuh manusia yakni dengan hinggap di benda-benda seperti boks, buku, dan mainan.

Hasil studi ini menentang penelitian sebelumnya yang mengatakan bahwa sesaat setelah berada di luar tubuh manusia, dua bakteri itu langsung mati.

Oleh karena itu, peneliti mengatakan temuan mereka menunjukkan bahwa diperlukan strategi yang lebih baik untuk mencegah infeksi, khususnya di rumah sakit, sekolah, dan tempat penitipan anak.

S.pyogenes merupakan penyebab umum radang tenggorokan dan penyakit kulit pada anak-anak di sekolah. Tapi, bakteri ini juga bisa menyebabkan infeksi parah pada orang dewasa.

Sementara itu, S.pneumoniae adalah penyebab utama kecacatan dan kematian akibat infeksi saluran pernapasan pada anak-anak dan orang tua, juga penyebab infeksi telinga.

Menurut Anders Hakansson, asisten profesor mikrobiologi dan imunologi sekaligus pemimpin studi, ia dan timnya menemukan bahwa dua bakteri ini tidak membentuk biofilm atau sekelompok mikroorganisme yang saling mengikat di suatu permukaan. Sehingga, mereka bisa berlama-lama di luar tubuh manusia.

Untuk menguji hal ini, peneliti menganalisis sejumlah benda termasuk buku, boneka, dan boks di tempat penitipan anak. Hasilnya, banyak permukaan benda tersebut yang positif mengandung S.pyogenes. Sedangkan empat dari lima boneka dinyatakan positif mengandung S.pneumoniae.

BAIK anak-anak atau orang tua sering terkena penyakit radang tenggorokan atau infeksi telinga yang disebabkan bakteri yang nyatanya gemar sekali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News