Ini Dugaan Fahri Hamzah soal Sindiran Prabowo ke Jokowi

Ini Dugaan Fahri Hamzah soal Sindiran Prabowo ke Jokowi
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Foto: Desynta Nuraini/JawaPos.Com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fahri Hamzah angkat bicara ihwal komentar Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang menyindir Presiden Joko Widodo hanya melakukan pencitraan terkait bantuan untuk pengungsi Rohingya. Fahri menduga sindiran Prabowo justru untuk membuat presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu bisa lebih galak ke Myanmar.

Menurut Fahri, bisa jadi yang dimaksudkan Prabowo adalah agar Indonesia bisa berbuat lebih baik dan besar dari yang ada sekarang ini. Sebab, jika dihitung-hitung dari kemampuan Indonesia, hal yang telah dilakukan Presiden Jokowi untuk Rohingya masih terlalu kecil.

"Iya itu ekspektasi beliau (Prabowo) sebagai orang yang marah melihat ada penindasaan di belahan dunia yang lain. Saya kira itu," kata Fahri di gedung DPR, Jakarta, Senin (18/9).

Fahri memang tidak ingin merendahkan berbagai upaya yang sudah dilakukan pemerintah untuk Rohingya.  Namun, dia menganggap sindiran Prabowo ke Jokowi justru demi mendorong pemerintah Indonesia agar berbuat lebih besar untuk Rohingya.

"Jadi kita (Indonesia) bisa melakukan hal yang lebih besar lagi," kata politikus asal Nusa Tenggara Barat (NTB) ini.

Dia mencontohkan, dulu Bung Karno ketuka marah melihat ketidakadilan di negara lain langsung mengeluarkan kata-kata keras. Mungkin saja, ujar Fahri, sekarang ada orang berpendapat bukan saatnya lagi berbicara lantang seperti era Bung Karno.

"Tapi paling tidak bangsa besar seperti Indonesia itu perlu ada kalimat yang lebih tajam supaya darah berhenti," kata dia. Sebab, ujar Fahri, sudah hampir satu juta jiwa mengungsi keluar dari Myanmar.

Karena itu, seharusnya Indonesia tidak sekadar mengirim bantuan. Sebab, Indonesia bisa melakukan upaya lebih.

Fahri Hamzah menyatakan bahwa Indonesia bisa berbuat lebih banyak tentang Rohingya ketimbang sekadar mengirim bantuan logistik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News