Ini Hotman Paris, Terlihat Ganteng, Harganya Rp100 Juta

Ini Hotman Paris, Terlihat Ganteng, Harganya Rp100 Juta
Ketua Himpunan Domba dan Kambing Indonesia (PDKI) Kabupaten Garut Riki Muhamad Sidiq menunjukkan domba unggulan miliknya di Pamidangan Anugrah, Citiis, Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu (11/4). Foto: ANTARA/Feri Purnama

jpnn.com, GARUT - Lantunan musik tradisional dan nyanyian energik khas daerah Sunda mengiringi kegiatan seni ketangkasan domba garut yang menampilkan dua domba jantan beradu kekuatan di arena atau yang seringkali disebut pamidangan.

Pamidangan merupakan tempat mempertunjukkan keistimewaan dan keunggulan domba garut dari setiap padepokan atau para peternak maupun pecinta satwa ternak domba dari berbagai daerah.

Salah satunya daerah yang sering menggelar seni ketangkasan domba garut yaitu di Pamidangan Anugrah daerah Citiis di kaki Gunung Guntur, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut.

Sebenarnya banyak pamidangan di Garut yang dibangun secara swadaya maupun oleh pemerintah daerah, salah satunya Pamidangan Anugrah yang didirikan pengurus Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) Kabupaten Garut.

Saat domba garut bernama latin Ovis Aries itu tampil di pamidangan tidak hanya menguji keberanian, melainkan sebagai ajang menaikkan pamor domba, semakin domba sering tampil dan menjadi juara, maka harga jualnya akan tinggi.

"Seperti domba ini namanya Hotman Paris, harganya ditaksir Rp100 juta," kata Endut, pengelola Wisdom Garut sambil menunjuk domba yang tampil di Pamidangan Anugrah Citiis. Minggu (11/4).

Selama ini harga domba garut yang sudah punya nama di pamidangan bernilai puluhan juta rupiah, bahkan ada yang sampai ditaksir Rp500 juta. Domba bernilai tinggi itu karena sehat, bersih, memiliki keberanian saat di pamidangan, postur badan yang tegak atau gagah dan yang pastinya sering juara dalam setiap pertandingan.

"Domba yang bagus itu bersih, postur tubuhnya (tegak), terlihat ganteng, dan kalau bertanding domba itu mundurnya jauh, lebih bagus mundurnya sampai habis lapang, lalu berani untuk maju, semua itu ada penilainnya sendiri, kalau diam berarti keberaniannya kurang," kata Galih Rustandi, salah seorang juri adu ketangkasan domba garut dari Bandung.

Pengelola Wisdom Garut Endut menunjuk Hotman Paris yang harganya ditaksir Rp100 juta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News