Ini Kaitan Kesehatan Gigi pada Kerusakan Ginjal dan Ginjal

Ini Kaitan Kesehatan Gigi pada Kerusakan Ginjal dan Ginjal
Suasana sikat gigi bersama dalam perayaan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia 2018. Foto: Istimewa for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Tahukah Anda bahwa kesehatan gigi dan mulut, ternyata mampu mencerminkan kesehatan umum organ tubuh kita.

Sebagai jalur masuk asupan makanan dan minuman dalam tubuh, kondisi gigi dan mulut kita tak dapat dipisahkan dari kesehatan tubuh lainnya.

Gangguan pada gigi dan mulut bisa menjadi penunjuk jika Anda terkena suatu gangguan penyakit sistemik lain, seperti diabetes, ginjal, jantung, dan pernapasan.

Dr. Dicky Levenus Tahapary, SpPD, PhD selaku Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) menjelaskan proses munculnya indikator kesehatan tubuh pada kondisi gigi dan mulut.

“Beberapa kasus yang sering dijumpai, seperti gusi berdarah dan gigi yang tanggal dalam jumlah banyak memiliki korelasi dengan kesehatan tubuh dan penyakit sistemik seperti diabetes melitus, kerusakan ginjal, penyakit jantung dan pernafasan. Lebih lanjut lagi, gusi berdarah menandakan penumpukan bakteri yang dapat berubah menjadi plak kalsifikasi  menyebabkan infeksi  sampai ke tulang pendukung gigi," kata dr. Dicky saat peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia 2018 di SDN Tebet Timur 01 Pagi, Jakarta Selatan, Selasa (20/3). 

Dr. Dicky menjelaskan bahwa penyakit tubuh yang memunculkan tanda pada kondisi gigi dan mulut adalah kerusakan ginjal.

“Kondisi tubuh yang mengalami kerusakan ginjal dapat menurunkan kualitas dari tulang, termasuk rahang. Situasi tersebut dapat mempengaruhi tanggalnya gigi secara prematur, infeksi gigi, dan periodontitis," jelasnya.

Periodontitis sendiri merupakan infeksi gusi serius yang merusak gusi dan dapat menghancurkan tulang rahang. Gejala infeksi tersebut, di antaranya bau mulut, sakit gigi, gigi tanggal, gigi goyah, gusi berwarna merah terang, atau gusi terasa nyeri.

Tahukah Anda bahwa kesehatan gigi dan mulut, ternyata mencerminkan kesehatan organ dalam tubuh seperti ginjal dan jantung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News