Ini Langkah Kementerian ATR/BPN untuk Mendukung Program Makmur

Ini Langkah Kementerian ATR/BPN untuk Mendukung Program Makmur
Pengarahan dan Pembinaan kepada Petani di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Timur oleh jajaran Kementerian ATR/BPN. Foto: Humas Kementerian ATR/BPN

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) turut mensukseskan Program Makmur (Mari Kita Majukan Usaha Rakyat) di Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Program Makmur adalah upaya Pupuk Kaltim bersama induk usahanya PT Pupuk Indonesia untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

Sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan petani tersebut meliputi penyediaan pupuk, akses permodalan bagi petani, pendampingan berkala, hingga pembelian hasil panen.

"Kami melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Banyuwangi dan melakukan sejumlah pertemuan dengan para stakeholders," ujar Staf Khusus Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Hukum Adat, M. Adli Abdullah, Senin (31/1).

Dia mengatakan pertemuan tersebut membahas co-partnership antara Pupuk Kaltim, Kementerian ATR/BPN, pemerintah daerah dan lembaga perbankan untuk menyukseskan Program Makmur.

"Sehingga petani padi di kabupaten ini memiliki akses permodalan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR)," ujar Adli.

Dia mengatakan Kementerian ATR/BPN akan berperan menjadi fasilitator dengan beberapa pihak terutama perbankan, Pupuk Kaltim, dan pemerintah daerah.

Ini dilakukan agar aset tanah yang dimiliki petani bisa diberdayakan dan punya akses modal.

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) mendukung Program Makmur atau Mari Kita Majukan Usaha Rakyat di Kabupaten Banyuwangi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News