JPNN.com

Ini Lima Terobosan Seleksi Guru PPPK 2021

Selasa, 24 November 2020 – 01:02 WIB
Ini Lima Terobosan Seleksi Guru PPPK 2021 - JPNN.com
Pengumuman rencana seleksi guru PPPK 2021. Foto: tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah membuka kesempatan bagi satu juta guru honorer untuk mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021.

Baik itu guru honorer dari sekolah negeri maupun swasta yang telah terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapondik), serta lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang ingin menjadi ASN.

Program ini merupakan salah salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kepada peserta didik melalui peningkatan ketersediaan guru ASN.

Setidaknya ada lima terobosan mekanisme seleksi guru PPPK yang telah disiapkan oleh pemerintah pusat.

Pertama, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dengan formasi terbatas, batasan jumlah guru PPPK kali ini mencapai satu juta guru.

“Tahun-tahun sebelumnya, banyak guru-guru honorer kita harus menunggu dan antre untuk membuktikan diri. Di tahun 2021, semua guru honorer dan lulusan Pendidikan Profesi Guru bisa daftar dan mengikuti seleksi,” kata Mendikbud Nadiem Makarim, saat pengumuman seleksi PPPK, secara virtual, Senin (23/11).

Meskipun demikian, Mendikbud menegaskan tidak kompromi soal kualitas pendidik. “Hanya yang lulus seleksilah yang akan menjadi PPPK,” tegasnya.

Kedua, jika sebelumnya setiap pendaftar hanya diberikan kesempatan satu kali ujian seleksi per tahun, sekarang setiap pendaftar dapat mengikuti ujian seleksi sampai tiga kali.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
jlo