Ini Manfaatnya Inovasi Pajak Kendaraan Dalam Bentuk Stiker Hologram

Ini Manfaatnya Inovasi Pajak Kendaraan Dalam Bentuk Stiker Hologram
Warga antre bayar pajak kendaraan bermotor. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kemendagri berkolaborasi dengan Korlantas Polri dan Jasa Raharja meluncurkan inovasi digitalisasi road tax atau pajak kendaraan dalam bentuk stiker hologram.

Ketua Aliansi Mahasiswa dan Milenial Indonesia (AMMI) Nurkhasanah menilai langkah tersebut sangat tepat karena mendukung gerakan tertib bayar pajak yang digaungkan pemerintah.

Selain itu, juga sangat membantu pemerintah dan pemerintah daerah dalam pembangunan daerah.

Pajak kendaraan bermotor (PKB) merupakan satu dari lima jenis pajak yang termasuk ke dalam pajak provinsi dan merupakan sumber pendapatan daerah,” ujar Nurkhasanah dalam keterangannya, Senin (18/10).

Menurut Nurkhasanah, PKB sangat bermanfaat karena akan kembali digunakan untuk pembangunan jalan baru atau pemeliharaan jalan yang telah ada.

PKB juga merupakan tulang punggung utama pendapatan asli daerah (PAD). Total proyeksi pendapatan asli daerah (PAD) dari PKB untuk tahun ini mencapai hampir 43 persen.

“Alhasil, kalau pendapatan daerah ingin optimal, pembayaran wajib pajak kendaraan tahunan ini pun harus didorong optimal. Program inovasi ini jelas akan sangat membantu,” tuturnya.

Sebelumnya, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Mochamad Ardian meluncurkan program inovasi pajak kendaraan berhologram melalui stiker berpengaman.

Inovasi pajak kendaraan dalam bentuk stiker hologram sangat bermanfaat, mendukung gerakan tertib bayar pajak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News