Ini Penting! Begini Rekomendasi Tim Pakar untuk Posko Satgas Covid-19

Ini Penting! Begini Rekomendasi Tim Pakar untuk Posko Satgas Covid-19
Satuan Tugas Penanganan COVID-19.

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wahyu Tri Setyobudi memaparkan sejumlah rekomendasi yang perlu dilakukan untuk meningkatkan efektivitas posko satgas di 128 kabupaten dan kota.

Rekomendasi pertama yang diajukan ialah membentuk posko satgas nasional yang bertugas mengawasi, melakukan supervisi dan mendampingi posko di kabupaten dan kota.

"Posko tersebut bertempat di BNPB dan dipimpin oleh Ketua Satgas Nasional," kata Wahyu dalam rapat koordinasi, Senin (31/5).

Dia juga meminta terbitnya adendum Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) yang mewajibkan pembentukan posko satgas di tingkat provinsi, kabupaten/kota, dan kecamatan.

Adendum itu juga diharapkan bisa menjelaskan peran posko sebagai pengendali posko yang setingkat di bawahnya.

Kemudian, hal itu bisa mewajibkan pelaporan aktivitas posko satgas ke dalam sistem Bersatu Lawan Covid (BLC).

"Posko satgas ini merupakan posko yang saling terkait dari mulai nasional sampai ke RT dan RW," ucap Wahyu.

Hal lain yang diajukan tim pakar satgas Covid-19 ialah meningkatkan kapasitas pemimpin daerah dalam hal analisis situasi pandemi, menentukan kebijakan multisektoral, melakukan refocusing anggaran, dan kolaborasi yang aktif.

Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 memberikan sejumlah rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas posko satgas di 128 kabupaten dan kota.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News