Ini Penyebab Perut Terasa Mual Saat Sedang Lapar

Ini Penyebab Perut Terasa Mual Saat Sedang Lapar
Mual. Ilustrasi. Foto IST

jpnn.com - Mual saat lapar ini bisa mengganggu aktivitas yang sedang dikerjakan, apalagi kalau terasa di pagi hari saat sekolah atau ngantor. Tenang, hal ini normal, kok. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan medis di bawah ini.

1. Asam lambung naik

Seorang ahli gastroenterologist di Cleveland Clinic, dr. Christine Lee mengatakan, bahwa saat manusia lapar, perutnya akan menghasilkan asam lambung atau asam klorida. Asam tersebut nantinya akan digunakan untuk mengolah makanan yang masuk ke dalam perut.

Apabila rasa lapar itu ditahan terlalu lama, terlebih jika perut dalam keadaan kosong sama sekali (misalnya tidak sempat minum air putih), maka asam lambung akan menumpuk dan naik ke kerongkongan. 

Asam lambung yang naik ini bisa menyebabkan refluks asam atau gastroesophageal reflux disease (GERD), di mana salah satu gejalanya adalah mual.

2. Pengaruh sinyal-sinyal tubuh dan hormon tinggi

Selain karena asam lambung yang naik, kondisi mual juga bisa disebabkan oleh sinyal-sinyal di dalam tubuh dan hormon yang tinggi. Perlu diketahui bahwa sinyal tubuh diatur oleh sistem endokrin lewat darah. Sinyal lalu akan diproses tubuh menjadi hormon agar informasi bisa sampai ke otak.

Nah, apabila hormon yang diproduksi terlalu banyak dan tinggi, mereka akan merasakan mual ringan. Jika mual yang dirasakan berat sampai muntah-muntah, itu bisa menjadi kelainan atau masalah kesehatan lain, bukan sekedar lapar. Agar lebih pasti dan aman, Anda lebih baik pergi ke dokter untuk memeriksanya.(klikdokter)

Umumnya kondisi mual dan lapar ini sering terjadi pagi-pagi. Kira-kira apa penyebabnya?


Redaktur & Reporter : Yessy

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News