Ini Penyebab Rusuh Lapas Tanjung Gusta

Ini Penyebab Rusuh Lapas Tanjung Gusta
Ini Penyebab Rusuh Lapas Tanjung Gusta
MEDAN - Sebenarnya pemicu kerusuhan di Lapas Tanjung Gusta terjadi sejak Kamis (11/7) pagi. Puncaknya sekitar 2.400 napi lebih yang menghuni lapas itu bertindak anarkis dan membakar gedung sekitar pukul 18.30. Ratusan di antara mereka kabur sedangkan yang bertahan menyerang petugas kepolisian dan TNI yang hendak meredakan situasi. Bahkan, sekitar 15 sipir mereka sandera.

Informasi yang diperoleh kejadian itu berawal ketika mati nya listrik dan air setelah sahur sekira pukul 05.00 WIB hingga sore hari. Tak terima dengan hal itu, narapidana yang terdiri dari tahanan teroris dan narkoba mengamuk.

Mereka sempat berdemo dan memprotes matinya listrik sekira pukul 18.00 sore. Namun aksi itu berujung anarkis. Amarah para tahanan tak terkendali. Sekira pukul 18.30 WIB, diperkirakan dua ratusan tahanan kabur dengan cara menjebol pertahanan pagar depan Lapas yang berlapis.

Ribuan tahanan yang masih bertahan di dalam Lapas, mulai melakukan pengrusakan. Mereka membakar seluruh fasilitas di dalam Lapas dan memecahkan kaca gedung. Petugas kepolisian langsung dikerahkan.

MEDAN - Sebenarnya pemicu kerusuhan di Lapas Tanjung Gusta terjadi sejak Kamis (11/7) pagi. Puncaknya sekitar 2.400 napi lebih yang menghuni lapas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News