Ini Posisi yang Cocok untuk Aprilia Manganang di Voli Putra

Ini Posisi yang Cocok untuk Aprilia Manganang di Voli Putra
Dokumentasi - Pemain timnas Indonesia Aprilia Manganang melakukan smash di pertandingan cabang voli putri melawan Hong Kong di Tennis Indoor, Gelora Bung Karno, Selasa (21/8/2018) malam WIIB. Foto: Antara/ANTHONY WALLACE/AFP

jpnn.com, JAKARTA - Aprilia Manganang bakal menjadi sejarah dan legenda tersendiri bagi voli putri Indonesia. Sebab, dia merupakan pemain yang memiliki sederet prestasi, bermain di liga Thailand dan Jepang, sampai akhirnya mundur dari voli putri pada 2020 lalu.

Kini Aprilia sudah menjadi sosok pria setelah TNI AD melakukan pemeriksaan dan mengetahui bahwa Aprilia mengidap kelainan alat kelamin yang dikenal dengan Hipospadia.

Akhirnya KSAD Jenderal Andika Perkasa mengumumkan Aprilia telah mengubah kelamin dari wanita menjadi pria pascaoperasi.

Setelah menjadi pria, Aprilia memiliki kesempatan bermain voli di Indonesia. Pengurus PP PBVSI Hanny Surkatty juga menjelaskan, Aprilia banyak menyumbang prestasi untuk voli Indonesia.

"Dia masih bisa main voli, tetapi sekarang bukan lagi tim putri, dia harus main di tim putra," tegas Hanny.

Aprilia Manganang bisa menjadi outside hitter di tim voli putri dengan tinggi postur 171 cm.

Namun, apabila bergabung di tim putra, maka Aprilia bakal kesulitan bersaing di posisi tersebut. Pasalnya, di tim voli putra Indonesia rata-rata pemain di posisi outside hitter berpostur 188 sampai dengan 192 cm.

Sebut saja nama-nama seperti Agil Anggara berpostur 191 cm, Rendy Tamamilang (190 cm), Sigit Ardian (187 cm) dan Doni Haryono (188).

Aprilia Manganang sudah berganti gender bisa tetap bermain voli dan masuk di timnas putra.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News