Ini Saran Mantan Dubes RI untuk PBB soal Hubungan Indonesia-Brasil

Ini Saran Mantan Dubes RI untuk PBB soal Hubungan Indonesia-Brasil
Makarim Wibisono. Foto: ist

jpnn.com - JAKARTA - ‎Hubungan Brasil dan Indonesia memanas menyusul eksekusi mati yang sudah dan akan dilakukan terhadap narapidana narkoba asal Negeri Samba itu.

Mantan Duta Besar RI untuk PBB, Makarim Wibisono menjelaskan komunikasi politik yang lebih intensif adalah keniscayaan bagi Brasil dan Indonesia, untuk membuat hubungan bilateral kedua pihak semakin baik. 

"Ini untuk mencapai tujuan keharmonisan hubungan bilateral," kata mantan duta besar Indonesia untuk sejumlah negara ini saat dihubungi, Rabu (25/2).

Dia menilai dalam hubungan perekonomian, Indonesia dan Brasil sangat kondusif dimana belah pihak bersinergi secara menguntungkan.

Menurutnya, Indonesia berkepentingan untuk membeli sejumlah komoditi Brasil. Sebab selama ini Indonesia adalah konsumen komoditi Brasil.

Menurutnya, hubungan seperti itu tidak berkaitan dengan hukuman mati yang dijatuhkan kepada warga Brasil karena kasus peredaran narkoba di Indonesia. Dia berpendapat Indonesia dapat memberikan penjelasan kepada Brasil kenapa hukuman mati harus dilakukan. 

"Hukuman tersebut dapat dibicarakan dengan bijak sehingga bisa memunculkan pemahaman sehingga tidak akan menggangu hubungan bisnis kedua belah pihak. Brasil dan Indonesia dapat duduk bersama dan berdialog saling menyampaikan kepentingan negara masing-masing," pungkas Makarim.‎ (boy/jpnn)


JAKARTA - ‎Hubungan Brasil dan Indonesia memanas menyusul eksekusi mati yang sudah dan akan dilakukan terhadap narapidana narkoba asal Negeri


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News