Ini Strategi BTN Sokong Sejuta Rumah

Ini Strategi BTN Sokong Sejuta Rumah
BTN. Foto: Jawa Pos

jpnn.com - SURABAYA – Perbankan semakin gencar mencari sumber current account saving account (CASA) seiring dengan tren bunga rendah. PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN), misalnya.

Bank BUMN itu mengincar dana murah untuk menyokong program sejuta rumah. BTN memang telah ditunjuk pemerintah untuk mendukung pembiayaan rumah, terutama rumah subsidi.

’’Rumah subsidi itu bunganya lima persen per tahun. Jadi, kami harus mencari sumber dana yang bunganya lebih rendah, yakni di bawah lima persen,” ungkap Vice President BTN Regional Office 2 Reinhard Harianja.

Rata-rata bunga tabungan BTN sekitar 2,75 persen, sehingga masih ada spread yang cukup menguntungkan.

Jumlah dana ritel saat ini sekitar Rp 10 triliun dan ditargetkan naik Rp 3 triliun. Karena itu, bank harus bisa memotivasi nasabah dan masyarakat agar tidak melarikan dananya. ’

’Di tengah margin yang rendah, kami memberi program dan hadiah yang menarik supaya mereka tetap mau menabung,” lanjutnya. Reinhard mengaku, pihaknya sebetulnya masih bertumpu pada dana mahal, yakni deposito. (rin)

 

 


SURABAYA – Perbankan semakin gencar mencari sumber current account saving account (CASA) seiring dengan tren bunga rendah. PT Bank Tabungan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News