Ini Suasana Salat Id Presiden Jokowi, Imam dan Khatibnya Serda Ridwan, Pesannya Menyejukkan

Ini Suasana Salat Id Presiden Jokowi, Imam dan Khatibnya Serda Ridwan, Pesannya Menyejukkan
Presiden Joko Widodo bersama dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menunaikan salat Idulfitri 1442 Hijriah di halaman Gedung Induk Istana Kepresidenan Bogor pada Kamis (13/5). Foto : Biro Pers Sekretariat Presiden)

jpnn.com, BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama  Ibu Negara Iriana melaksanakan salat Idulfitri 1442 Hijriah di halaman Gedung Induk Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (13/5).

Presiden Jokowi memakai baju putih lengan panjang dipadu dengan sarung bermotif batik dan peci berwarna hitam, sedangkan Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan mukena berkelir cokelat muda.

Keduanya tiba di lokasi salat sekitar pukul 06.16 WIB. Masker tampak menutupi sebagian wajah Jokowi dan Iriana.

Tepat pukul 06.36 WIB, salat Idulfitri dimulai. Bertindak selaku imam dan khatib salat Idulfitri adalah Serda Ridwan Payopo yang sehari-hari bertugas sebagai anggota Tim Pampri Den 1 Grup A Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres).

Serda Ridwan dalam khotbahnya menyatakan bahwa menjalankan amalan serta ibadah di rumah dan menerima keadaan dengan adanya wabah seperti saat ini merupakan salah satu ujian dari Allah SWT.

"Kita harus bersabar menerima kenyataan ini karena pada dasarnya, apa yang kita lakukan tidak lain yakni dalam rangka menaati Allah, Rasulullah, para ulama dan pihak berwenang yang pada intinya bertujuan untuk menyelamatkan umat manusia dari ancaman wabah suatu penyakit," katanya.

Serda Ridwan juga mengharapkan Ramadan dan Idulfitri pada masa pandemi ini menjadikan semua lebih baik dari sebelumnya.

"Oleh sebab itu di tengah tantangan lebih berat ini kita selalu istikamah dengan mempertahankan rutinitas ibadah yang kita lakukan di bulan Ramadan," ucapnya.

Presiden Jokowi memakai baju putih lengan panjang dipadukan dengan sarung bermotif batik dan peci berwarna hitam saat salat Id.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News