Ini Tiga Hal yang Perlu Diketahui soal Komite Penjaga Keamanan Nasional SAR Hong

Ini Tiga Hal yang Perlu Diketahui soal Komite Penjaga Keamanan Nasional SAR Hong
Polisi Hong Kong menjaga area demonstrasi menolak UU Ekstradisi. Foto: Reuters

jpnn.com, BEIJING - Undang-Undang (UU) Republik Rakyat Tiongkok tentang Menjaga Keamanan Nasional di Daerah Administratif Khusus (SAR) Hong Kong telah resmi berlaku. Salah satu amanat UU tersebut adalah pembentukan komite penjaga keamanan nasional SAR Hong Kong.

Berikut tiga poin penting untuk lebih memahami komite tersebut.

1. MENGAPA KOMITE INI PERLU DIBENTUK?

Selama kurun waktu yang panjang, kurangnya tatanan, sumber daya, dan alokasi kekuasaan institusional SAR Hong Kong dalam menjaga keamanan nasional telah mengakibatkan status "tidak berdaya" de facto yang langka di bidang keamanan nasional di SAR Hong Kong.

Berlatarkan kondisi tersebut, pembentukan Komite Penjaga Keamanan Nasional SAR Hong Kong menurut hukum tak diragukan lagi menjadi penting dan sangat mendesak guna menangani tantangan nyata.

2. APA PERAN KOMITE INI?

UU Republik Rakyat Hong Kong tentang Menjaga Keamanan Nasional di SAR Hong Kong menetapkan tugas dan fungsi komite tersebut sebagai berikut:

Menganalisis dan menilai perkembangkan terkait upaya menjaga keamanan nasional di SAR Hong Kong, membuat rencana kerja, serta merumuskan kebijakan untuk menjaga keamanan nasional di SAR Hong Kong;

Undang-Undang (UU) Republik Rakyat Tiongkok tentang Menjaga Keamanan Nasional di Daerah Administratif Khusus (SAR) Hong Kong telah resmi berlaku

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News