Ini Tiga Sektor Penopang Ekonomi Jatim

Ini Tiga Sektor Penopang Ekonomi Jatim
Ini Tiga Sektor Penopang Ekonomi Jatim

SURABAYA - Pertumbuhan ekonomi Jawa Timur (Jatim) pada awal semester tahun ini memang melambat. Meski demikian, pertumbuhan ekonomi di provinsi paling timur Pulau Jawa tersebut masih tetap berada di atas rata-rata nasional.

Kepala Divisi Asesmen Ekonomi dan Keuangan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Wilayah IV Jatim Junanto Herdiawan membeberkan sejumlah aspek yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi. "Pertumbuhan ekonomi Jatim masih ditopang tiga sektor unggulan. Yakni, perdagangan, hotel, dan restoran (PHR); industri pengolahan; serta pertanian," kata Herdiawan di sela IMA Marketeers Forum, kemarin (25/9).

Menurut dia, kinerja PHR tengah membaik. Hal itu merupakan imbas kenaikan transaksi perdagangan ritel. "Sebab, daya beli masyarakat di Jatim masih cukup tinggi," tuturnya.

Dia memprediksi kinerja subsektor perhotelan dan restoran juga diperkirakan berlanjut hingga triwulan III 2014. Salah satunya ditopang kenaikan transaksi perdagangan antarpulau pada masa puasa hingga Lebaran lalu.

SURABAYA - Pertumbuhan ekonomi Jawa Timur (Jatim) pada awal semester tahun ini memang melambat. Meski demikian, pertumbuhan ekonomi di provinsi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News