Ini Tiga Vaksin Covid-19 yang Tahan Banting, Cukup Tanpa Booster

Ini Tiga Vaksin Covid-19 yang Tahan Banting, Cukup Tanpa Booster
Studi dalam New England Journal of Medicine mengungkapkan tiga merek vaksin Covid-19 menunjukkan respons imun kuat tanpa booster. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Studi dalam New England Journal of Medicine mengungkapkan ada tiga merek vaksin Covid-19 yang masih menunjukkan tanda respons imun kuat hingga delapan bulan setelah suntikan tanpa booster.

Tiga vaksin Covid-19 itu yakni Pfizer, Moderna, dan Johnson & Johnson

Pada studi itu juga dikatakan, para peneliti menemukan tanda yang menunjukkan ketiga vaksin menghasilkan perlindungan kuat dan tahan lama dari risiko keparahan penyakit.

Analisis juga membeberkan perbedaan cara vaksin menghasilkan antibodi. Pada vaksin dari Pfizer dan Moderna antibodi melonjak dan kemudian turun dengan cepat, sementara Johnson & Johnson memiliki antibodi yang stabil dari waktu ke waktu.

"Pada bulan ke delapan, respons antibodi sebanding untuk ketiga vaksin ini," ujar Direktur Pusat Penelitian Virologi dan Vaksin di Beth Israel Deaconess Medical Center, Dr. Dan Barouch seperti dikutip dari Abc News, Minggu.

Barouch menyebut studi baru ini menjadi yang pertama membandingkan tidak hanya antibodi, tetapi juga sel-T pada ketiga vaksin. Sel-T juga bagian penting dari sistem kekebalan, dan mungkin menjadikan perlindungan yang lebih tahan lama, bahkan setelah antibodi turun.

"Respons sel T kemungkinan berkontribusi pada perlindungan vaksin terhadap penyakit parah. Respons sel T relatif stabil untuk ketiga vaksin selama delapan bulan," kata Barouch.

Vaksin Pfizer dan Moderna mengandalkan jenis teknologi yang sama, yakni mRNA, sementara Johnson & Johnson menggunakan teknologi vektor virus.

Studi dalam New England Journal of Medicine mengungkapkan ada tiga merek vaksin Covid-19 yang masih menunjukkan tanda respons imun kuat hingga delapan bulan setelah suntikan tanpa booster.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News