Ini Total LP dan Rutan di Sumbar yang Over Kapasitas

Ini Total LP dan Rutan di Sumbar yang Over Kapasitas
Penjara. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, SUMATERA BARAT - Kondisi lembaga pemasyarakatan (LP) dan rumah tahanan (rutan) di Sumatera Barat betul-betul membutuhkan perhatian pemerintah.

Pasalnya, dari 22 jumlah Lapas dan Rutan di sana, sebanyak 14 di antaranya mengalami over kapasitas.

Hal itu pun dibenarkan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkum HAM wilayah Sumbar, Sunar Agus.

Dia mengatakan jumlah warga binaan maupun tahanan saat ini totalnya mencapai 4.632 orang. Semua itu tersebar di 22 unit pelaksana teknis (UPT) baik LP, cabang LP maupun rutan di Sumbar.

Dari angka itu, 14 di antaranya melebih kapasitas maksimal jumlah tahanan (selengkapnya lihat grafis, red).

Semestinya, kapasitas untuk 22 UPT tersebut maksimal hanya 3.109 tahanan. Namun ternyata, jumlah tahanan yang ada saat ini 4.632 orang.

“Memang, kami tidak memungkiri terjadinya sejumlah permasalahan yang terjadi di UPT yang ada. Dan itu, bukan hanya di wilayah Sumbar namun juga menjadi permasalahan di wilayah hukum yang di Indonesia ini,” ucap Sunar Agus kepada Padang Ekspres (Jawa Pos Group), Kamis (28/9).

Sejumlah permasalahan seperti tahanan kabur, bentrok di dalam LP maupun rutan ditengarai akibat penguni yang melebihi kapasitas. Jumlah warga binaan tak sebanding dengan sumber daya manusia (SDM) yang melakukan pengamanan di UPT yang ada.

Kondisi lembaga pemasyarakatan (LP) dan rumah tahanan (rutan) di Sumatera Barat betul-betul membutuhkan perhatian pemerintah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News