Ini yang Diajarkan di Sekolah Lapang Daerah Irigasi

Ini yang Diajarkan di Sekolah Lapang Daerah Irigasi
Petani di Kabupaten Sopeng, Sulsel, saat mendapat pelatihan sekolah lapang daerah irigasi. Foto: DPIU Kabupaten Soppeng

jpnn.com, SOPPENG - Tim District Project Implementation Unit Integrated Participatory Development and Management Irrigation Program (DPIU IPDMIP) Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, optimistis program yang digulirkannya mampu mendongkrak kualitas SDM para petani.

Deputi Manager DPIU Kabupaten Soppeng Sulhukmi mengatakan para petani mendapat banyak manfaat dengan kehadiran IPDMIP terutama program sekolah lapang (SL) daerah irigasi (DI).

Selama 12 kali pertemuan, peserta SL DI dibekali berbagai pengetahuan mengenai cara bertani yang efektif hingga pengelolaan keuangan skala mikro.

"Pesertanya melibatkan 25 kelompok tani (poktan). Dalam kurun waktu empat bulan, mereka kami godok dengan berbagai materi," ujar dia melalui keterangan tertulisnya, Senin (18/10).

Total, lanjut dia, ada 300 petani yang terdiri dari 50 persen telah mengikuti SL-1 tahun 2021.

Sementara 50 persen belum pernah mengikuti SL aktif berdiskusi dan mengadopsi teknologi yang diperkenalkan, sebagai outcome adanya outreach yang luas terhadap manfaat proyek berupa pengenalan teknologi dan praktik-praktik bertani yang baik (diperoleh selama SL-1) kepada anggota poktan yang belum pernah ikut serta.

Sulhukmi menjelaskan selepas empat bulan melaksanakan Sl DI, pihaknya bersama tim menggelar acara bertajuk 'Forum Berbagi Pengalaman Bagi Petani' pada 3-7 Oktober 2021. Tujuannya untuk menampung beragam masukan dan saling sharing mengenai pelatihan yang telah dilaksanakan.

Selain itu lewat forum ini diharapkan terijadi peningkatan wawasan dan pengalaman, mendorong percepatan dan perluasan proses adopsi teknologi diantara petani dan sekaligus membangun keakraban.

Tim IPDMIP Kabupaten Soppeng, Sulsel, optimistis program sekolah lapang daerah irigasi dapat mendongkrak kualitas SDM para petani.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News