Ini yang Diajarkan Kopassus Hingga Brunei pun Lebih Hebat dari Malaysia dan Singapura

Ini yang Diajarkan Kopassus Hingga Brunei pun Lebih Hebat dari Malaysia dan Singapura
Sertu Pardal. Foto: Ilham Dwi/Jawa Pos

jpnn.com - KOMANDO Pasukan Khusus alias Kopassus adalah salah satu pasukan elit asal Indonesia yang paling disegani di kawasan Asia, bahkan dunia. Tak jarang beberapa negara lain ingin menimba ilmu bersama korps baret merah ini. Brunei Darussalam misalnya. Negeri kaya minyak itu pun meminta TNI   AD mengirimkan anggota Kopassus untuk melatih para pasukannya. 

TNI memenuhi permintaan negara sahabat itu dan Kopassus pun menugaskan Sertu Pardal. Pardal merupakan seorang di antara sekian banyak anggota Kopassus yang punya kemampuan istimewa. Dia dikenal jago menembak dan memiliki keahlian sebagai penembak jitu.

Kehadiran Pardal di negara kaya ladang minyak dan gas tersebut adalah untuk melatih Tim Rifle dalam menembak. Mulai Februari hingga November 2013, dia menggembleng tim yang akan diterjunkan dalam ASEAN Armies Rifle Meet (AARM) tersebut. 

Tim Rifle Brunei tersebut beranggotakan LKpl Mohd Nor, LKpl Mohd Izwandi, LKpl Saiful, LKpl Azian, Kpl Mas Azi, SJN Romeo Eddy, Sld Modh Amizan, Sld Mushab, Sld Mustapa, Kpl Tony, dan Sld Safwan. 

’’Saya dikirim agar Tim Rifle bisa naik derajat di AARM, sebuah lomba menembak prestisius yang diikuti sepuluh negara ASEAN,’’ kata Pardal.

Pada awal pertemuan, Pardal melihat tembakan mereka tidak tepat pada target. Ternyata, penyebabnya adalah posisi menembak sejumlah anggota Tim Rifle tidak kukuh. ’’Kebanyakan mereka menembak dengan posisi jongkok dan menempatkan magazin di paha. Posisi itu kurang kukuh. Seharusnya magazin itu tepat di ujung paha. Jadi, bisa menahan getaran,’’ jelasnya

Akhirnya, Pardal menetapkan jadwal latihan yang harus ditempuh dalam sehari. Pagi, awal latihan dimulai dengan lari 3 kilometer. Namun, bukan lari biasa. Mereka diajak lari sprint yang tiap 100 meter harus diganti dengan merayap tiarap. Lebih gila, saat tiarap itu, semua harus menahan napas.

Setelah menyelesaikan lari 3 kilometer, agak siang, barulah tim militer Brunei itu berlatih menembak seperti biasa di lapangan. Tentu dengan perbaikan berbagai posisi, mulai jongkok hingga berdiri. ’’Awal-awal, saya yang juga ikut menembak selalu menang,’’ tuturnya.

KOMANDO Pasukan Khusus alias Kopassus adalah salah satu pasukan elit asal Indonesia yang paling disegani di kawasan Asia, bahkan dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News